Ekonomi & Bisnis

Gelar Apel Siaga, PLN Suluttenggo Amankan Pasokan Listrik Selama Periode Nataru

SULUTNEWSTV.com, MANADO – PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Suluttenggo menggelar apel siaga guna memastikan kesiapan personil dan peralatan menjelang periode perayaan Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru). Apel siaga digelar di halaman Kantor PLN UIW Suluttenggo, Jumat (10/12) pagi.

Dari data yang diperoleh METRO, diketahui bahwa kesiapan PLN dalam mengamankan pasokan listrik selama periode Nataru mencakup daya mampu pembangkit Sistem SulutGo mencapai 581 MW, dengan beban puncak antara 379 hingga 400 MW dan cadangan daya 201 MW.

“Daya ini sangat memadai. Tak ada isu ataupun kekhawatiran kami terkait pasokan,” ujar General Manager PLN UIW Suluttenggo, Leo Basuki, yang ditemui awak media usai apel siaga.

Selain memastikan pasokan aman, dari kesiapan personil menurut Leo PLN menyiapkan 411 orang petugas siaga, 1.198 orang petugas pelayanan teknik, 700 petugas operasi pembangkit. “Kapanpun dihubungi dan diperlukan di lapangan mereka ini siaga. Selain personil kami juga menyiapkan 180 titik posko siaga,” terangnya.

Basuki mengatakan, secara internal PLN Suluttenggo juga melakukan inspeksi K3, untuk memastikan kelengkapan dan kepatuhan prosedur keselamatan kerja dari para personil.

Ia memastikan dalam masa siaga pada tanggal 18 Desember hingga 8 Januari tidak terjadi pemadaman di pelanggan, karena pekerjaan pemeliharaan jaringan yang menyebabkan pemadaman di beberapa lokasi sudah diselesaikan.

“Instruksinya, sejak tanggal 18 sudah tidak boleh lagi ada pemeliharaan yang menyebabkan pemadaman. Kalaupun ada, itu karena kondisi kritis,” kata Basuki.

Dia menghimbau kepada seluruh personil untuk mewaspadai kondisi cuaca ekstrem yang sementara melanda wilayah Sulawesi Utara.

“Biasanya awal tahun namun kali ini cuaca ekstrem datang lebih awal. Menghadapi ini kami melakukan pemeliharaan intensif. Di wilayah Suluttenggo, 80 persen penyebab gangguan karena pohon tumbang,” ungkap Basuki.

Dia juga mengungkapkan bahwa semua petugas PLN sudah menjalani proses vaksinasi. PLN juga memastikan stamina para petugas terjaga dengan baik, karena selain pandemi yang masih melanda, saat ini Sulawesi Utara masih berada dalam kondisi cuaca ekstrem,” jelas Basuki.

“Semoga PLN dapat melayani semua yang merayakan Natal dan Tahun Baru dengan baik,” pungkasnya.(gabby)

Categories: Ekonomi & Bisnis

Tagged as:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s