Ekonomi & Bisnis

Percepat Digitalisasi di Sulut, Telkom Kenalkan Satu Data Indonesia dan PaDi UMKM ke Gubernur OD

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Dalam rangka mempercepat digitalisasi di berbagai sektor melalui penyediaan konektivitas, platform dan layanan digital, salah satunya adalah sektor pemerintahan, PT Telkom memperkenalkan platform terbaru yang bertujuan mengintegerasikan data khususnya di wilayah Sulawesi Utara.

“Jadi kami kemarin sudah bertemu dengan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, dan para Kepala Dinas Kominfo Sulut serta beberapa Kabupaten/Kota lainnya, untuk mengeksplorasi impelementasi BigData Solution di daerah ini,” kata Direktur Digital Business PT Telkom Muhamad Fajrin Rasyid didampingi General Manager PT Telkom Wilayah Manado Lonely Baringin kepada sulutnewstv.com, Jumat(10/12).

Diketahui, Platform ini dikembangkan untuk membantu konsumen baik pemerintah maupun pebisnis yang membutuhkan solusi big data.

BigBox merupakan solusi untuk mewujudkan Satu Data Indonesia yang merupakan kebijakan pemerintah untuk mendukung proses pengambilan keputusan berbasis data.

Dirinya pun membeber beberapa poin yang dibahas dalam agenda pertemuan dengan orang nomor 1 di Bumi Nyiur Melambai itu.

Menurut Fajrin, pertemuan bersama Gubernur Sulut membahas pengembangan dashboard Satu Data, agar Gubernur dan pejabat terkait dapat memonitor perkembangan, status dan data-data, untuk membantu mereka membuat kebijakan.

“Kami akan mulai mengembangkan ini di awal tahun saat situasi mulai membaik lewat kerjasama dengan pemerintah daerah,” ungkap Fajrin.

Ia menyebut, salah satu implementasi platform BigBox adalah integrasi data vaksinasi di Kementerian Kesehatan. Dengan adanya platform ini, perkembangan vaksinasi di Indonesia dapat dipantau secara real time.

“Telkom juga melakukan kerjasama dengan pemerintah daerah untuk mengintegrasikan data di berbagai dinas dan lembaga,” jelasnya.

Selain solusi satu data, menurut Fajrin Telkom juga memperkenalkan Pasar Digital (PaDi) UMKM, yang merupakan platform yang dikembangkan untuk menghubungkan UMKM dengan BUMN. Nilai transaksi yang terjadi di platform ini mencapai triliunan rupiah. Lewat platform ini diharapkan BUMN mendahulukan UMKM di Sulut dalam proses pengadaan barang dan jasa.

“Contohnya jika BUMN butuh seragam, makanan dan barang keperluan lainnya, dapat membeli di UMKM di Sulut,” terang Fajrin.

Ia mengatakan, platform-platform digital ini terus dikembangkan, agar bisa bekerja sama dengan pemerintah, pebisnis maupun masyarakat umum yang membutuhkan solusi digital dari Telkom.

“Kami berharap apa yang dikembangkan ini berhasil dari segi bisnis, dan mampu menjadi elemen penting terhadap perkembangan industri di Indonesia. Sehingga kami membuka kemungkinan-kemungkinan di berbagai aspek,” tuturnya sembari menambah Transformasi digital itu menjadi kunci untuk kemandirian ekonomi dan solusi ketersediaan tenaga kerja.(gabby)

Categories: Ekonomi & Bisnis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s