Pemerintahan

Perdana, Pemprov Sulut Vaksinasi Covid-19 134 ribu Anak Usia 6-11 Tahun

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Provinsi Sulawesi Utara terus gencar melaksanakan vaksinasi dengan target capaian warga yang sudah divaksin di akhir tahun 2021 sebanyak 80 persen.

Malahan Provinsi Sulut sendiri termasuk dalam 11 provinsi yang bisa melaksanakan vaksinasi anak usia 6 – 11 tahun.

Wakil Gubernur Drs Steven OE Kandouw mengatakan, ada 134 ribu anak usia 6-11 tahun di Sulut yang menjadi target vaksinasi Covid-19.

“Perintah Pak Gubernur Olly Dondokambey, harus siap,” tandas Wagub Kandouw saat meninjau vakinasi anak usia 6-11 tahun secara serentak yang dilakukan Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulut di Graha Gubernur Bumber Manado, Rabu (15/12).

Wagub Kandouw optimis, target capaian 80 persen warga tervaksinasi di Sulut bisa dipenuhi, apalagi bila upaya kerja keras ini ditopang stakeholder di daerah termasuk Kabupaten/Kota.

“Target kita 80 persen. Sesuai laporan Dinkes Sulut semua siap. SDM juga siap. Jadi karena tidak ada cuti, tetap sampai akhir tahun 2021, vaksinasi jalan terus,” terang Wagub Kandouw didampingi Sekdaprov Asiano Gamy Kawatu SE MDi dan Kadis Kesehatan Sulut dr Debie Kalalo.

Di Sulut sendiri ada 6 daerah yang melaksanakan Vaksinasi anak usia 6 – 11 tahun seperti Kota Bitung, Kota Manado, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Tenggara, dan Keenam daerah ini telah memenuhi target vaksinasi 70 persen dosis pertama dan 60 persen untuk lansia.

“Pak gubernur tiap hari update untuk kabupaten/kota. Kalau perlu pakai reward dan punishment sampai ditingkat Camat, Lurah dan Desa. Bagi daerah yang capai diberi reward, jika tidak capai diberi punishment,” ungkap Wagub Kandouw.

“Tidak ada jalan lain selain vaksinasi. Kata pak Gubernur, 80 persen harga mati,” tutup Wagub Kandouw.

Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal (Dirjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Maxi Rein Rondonuwu melaporkan, saat ini terdapat 11 provinsi di Indonesia yang telah memenuhi syarat vaksinasi Covid-19 tahap pertama bagi anak usia enam sampai 11 tahun.

Adapun kesebelas provinsi tersebut adalah Banten, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, dan Bali.

Secara nasional, Kemenkes RI telah menargetkan sebanyak 26,5 juta anak usia 6 – 11 tahun dapat divaksinasi Covid-19.

Sedangkan vaksin Covid-19 yang akan digunakan untuk vaksinasi anak usia 6 – 11 tahun adalah jenis Sinovac.

Kadis Kesehatan Daerah Provinsi Sulut, dr Debie Kalalo menambahkan capaian target vaksinasi di Sulut dapat terlaksana, bilamana pemerintah Kabupaten/Kota juga ikut bersama-sama menyukseskan program vaksinasi, termasuk stakeholder.(*/gabby)

Categories: Pemerintahan, Sulut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s