Ekonomi & Bisnis

Berkarya dan Beri Makna Untuk Indonesia, BRI Regional Manado Torehkan Prestasi Positif di Berbagai Segmen

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Tidak hanya secara nasional, prestasi positif juga ikut dihasilkan oleh BRI Regional Manado.

Diketahui, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk genap berusia 126 tahun pada Kamis, 16 Desember 2021. Di perjalanannya yang ke 126 tahun, BRI terus berkarya untuk memberi makna Indonesia.

Sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, BRI mengerahkan seluruh sumber dayanya untuk mendongkrak pemulihan ekonomi, terutama segmen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Upaya itu diiringi oleh sederet transformasi yang dilakukan BRI untuk memperkuat lini bisnisnya.

Segmen UMKM yang juga menjadi salah satu backbone BRI berhasil melewati tantangan pandemi COVID-19 berkat transformasi digital.

Regional CEO BRI Manado John Sarjono menyebut hasil dari transformasi digital tersebut BRI Regional Officce Manado posisi November 2021 mampu mencatatkan pertumbuhan aset 4.49 persen year on year (yoy) dengan total aset sebesar Rp 38,5 Triliun.

“Kepercayaan nasabah untuk menempatkan dananya di BRI juga masih terjaga dengan baik. Di data kita, terlihat dari penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK) yang mencapai Rp 17,9 Triliun yang didominasi oleh CASA sebesar 84.26 persen,” kata Sarjono, (16/12) di Manado.

Di usianya yang ke-126, diungkapkannya BRI secara aktif meneruskan komitmennya untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional salah satunya dengan penyaluran KUR sampai dengan 10 Desember 2021.

“BRI Regional Office Manado telah menyalurkan sebesar Rp 5,8 Triliun kepada 203 ribu debitur. Dengan kinerja keuangan yang solid saat ini, terdapat ruang bagi perseroan untuk memicu pertumbuhan ekonomi lewat ekspansi kredit,” tambahnya.

Dirinya juga mengatakan, pembentukan cluster UMKM di Seluruh wilayah binaan sebanyak 938 cluster turut mengakselerasi pertumbuhan ekonomi.

“Pembentukan cluster ini dapat menciptakan ekosistem perekonomian di suatu wilayah dan dapat meningkatkan potensi unggulan di wilayah tersebut. Sehingga BRI Regional Office Manado turut menorehkan beberapa prestasi yang positif,” ujarnya.

Adapun beberapa prestasi diantaranya, Bank Penyalur KPR Terbaik versi REI Sulut.

“Selain pertumbuhan bisnis secara organik dan sejalan dengan visi BRI menjadi The Most Valuable Banking Group In Southeast Asia & Champion Of Financial Inclusion, BRI Regional Office Manado juga terus meningkatkan pertumbuhan transaksi cashless melalui produk-produk unggulan digital perbankan. Hal ini tercermin dari prestasi yang di raih BRI Regional Office Manado sebagai Bank Penyalur QRIS Terbaik versi Bank Indonesia dengan jumlah penyaluran qris mencapai 63 ribu, selain itu jumlah User BRIMO yang mencapai 365 ribu. QRIS & BRIMO ini diharapkan dapat menjawab tantangan perkembangan digital banking di masyarakat dan mencegah kontak langsung transaksi keuangan di masa pandemic,” tukasnya.

Dirinya juga meyakini, BRI Regional Office Manado juga selalu memberikan support Bantuan kepada masyarakat berupa CSR sampai dengan 10 Desember 2021 sebesar Rp 12 Milyar yang terdiri dari bantuan alat kesehatan terkait penanganan covid 19, beasiswa, rumah ibadah, sembako dan pemberdayaan kelompok wanita.

“Saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah mempercayakan transaksi keuangannya kepada BRI, dan seiring bertambahanya usia BRI ke 126 semoga BRI semakin memberi makna bagi Indonesia,” tutupnya.(*/gabby)

Categories: Ekonomi & Bisnis

Tagged as:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s