Tomohon

Wawali Lumentut Buka Rapat Evaluasi Pelaporan Atas Capaian RKPD Kota Tomohon Tahun 2021

Tomohon – Pelaksanaan rapat monitoring evaluasi dan pelaporan atas capaian RKPD Kota Tomohon
Tahun 2021 di buka langsung oleh Wakil Wali Kota Tomohon Wenny Lumentut SE, yang dilaksanakan selama dua hari 22 – 23 Desember bertempat di Aula Rumah Dinas Wali Kota Tomohon, Rabu (22/12/21).

Lumentut dalam sambutannya mengatakan,
Rencana kerja perangkat daerah yang selanjutnya disebut renja perangkat daerah adalah dokumen perencanaan perangkat daerah untuk periode 1 (satu) tahun.

Sebagai dokumen perangkat daerah, renja mempunyai kedudukan strategis dalam menjembatani perencanaan perangkat daerah dengan rencana kerja pembangunan daerah (rkpd), sebagai implementasi pelaksanaan strategis Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) dan rencana strategis (renstra) perangkat daerah yang menjadi satu kesatuan untuk mendukung pencapaian visi dan misi daerah.

Dalam pelaksanaannya renja perangkat daerah perlu dilakukan evaluasi guna untuk mengetahui efektifitas dan konsistensinya. Kajian tersebut digunakan sebagai masukan dalam merumuskan permasalahan pembangunan dan perumusan prioritas dan sasaran pembangunan RKPD tahun rencana, dengan tujuan agar target kinerja RKPD di akhir tahun periode RKPD dapat tercapai.

Beliau menjelaskan maksud pelaksanaan kegiatan rapat monitoring evaluasi dan pelaporan atas capaian RKPD kota tomohon tahun 2021 adalah untuk mengkaji arah kebijakan serta prioritas dan target kinerja program di tahun rencana, dengan mempertimbangkan pencapaian target kinerja sampai dengan tahun berjalan, evaluasi terhadap perumusan kebijakan perencanaan pembangunan daerah dan evaluasi terhadap hasil rencana pembangunan daerah.

Selanjutnya tujuan dari evaluasi hasil RKPD Tahun 2021 adalah untuk mengetahui realisasi pencapaian target indikator kinerja, kelompok sasaran, lokasi dan penyerapan dana dan kendala yang dihadapi dan untuk mengetahui faktor pendorong dan penghambat keberhasilan pencapaian kinerja program dalam rangka mendukung capaian target kinerja tahunan serta untuk memastikan bahwa indikator kinerja program, kelompok sasaran, lokasi dan penyerapan dana indikatif kegiatan renja perangkat daerah dicapai dalam mewujudkan tujuan dan sasaran renstra perangkat daerah serta sasaran dan prioritas pembangunan daerah sebagai dasar pertimbangan dalam menyusun renja tahun berikutnya.

Evaluasi hasil renja perangkat daerah merupakan siklus yang diawali dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pengendalian sampai dengan evaluasi hasil.

Wawali berharap, melalui rapat ini peserta dapat membahas permasalahan dan alternatif solusi yang terkait dengan kegiatan pembangunan yang dilaksanakan di kota tomohon lewat program/kegiatan yang ada di perangkat daerah. Sehingga perencanaan pembangunan harus dapat meningkatkan pemerataan pendapatan masyarakat, meningkatkan kesempatan kerja, lapangan usaha, peningkatan akses dan kualitas pelayanan publik serta meningkatkan daya saing daerah. Pencapaian berbagai aspek baik pencapaian pembangunan secara fisik maupun non fisik, serta berbagai prestasi yang telah direngkuh bersama, menjadi kebanggaan pemerintah bersama elemen masyarakat, untuk mewujudkan visi Kota Tomohon maju, berdaya saing dan sejahterah.

“Saat ini masih ada beberapa Perangkat Daerah yang capaian kinerja dan realisasi belum maksimal bahkan masih sangat rendah. Segera tindaklanjuti dan tingkatkan,” tegas Lumentut.

Hadir Kepala Bapelitbang Daerah Kota Tomohon Drs Daniel Pontonuwu, bersama Kepala-kepala Perangkat Daerah Lainnya. (Novita)

Categories: Tomohon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s