Tomohon

Cegah Omicron Dan Penanggulannnya, Mendagri Pimpin Rakor Diikuti Wali Kota Tomohon Caroll Senduk

Tomohon – Kementerian Dalam Negeri menggelar Rapat Koordinasi terkait penanggulangan pandemi Covid – 19 saat Natal dan Tahun baru (Nataru) dan penanggulangan varian omicron dari kantor Kemendagri dan di ikuti secara virtual oleh Wali Kota Tomohon Caroll Senduk SH, dari Command Center Wale Kabasaran Tomohon, Senin (27/12/21).

Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian saat memimpin rapat menegaskan dalam penanganan covid 19 termasuk varian omicron terlebih saat Natal dan Tahun baru.

“Kita semua harus waspada, jangan lengah, tidak boleh lalai dan harus antisipasi kemungkinan terburuk,” ucap Mendagri.

Dijelaskannya, ada 8 strategi utama penanggulangan pandemi covid 19, antara lain :

  • Melaksanakan 5 M terutama penggunaan masker dan menghindari kerumunan.
  • Pengetatan kedatangan dari luar negeri dan himbauan untuk tidak ke luar negeri
    penegakan aplikasi peduli lindungi.
  • PPKM berbasis level dan mikro.
  • Kesiapan fasilitas rumah sakit dan isolasi terpusat.
  • Mengintensifkan tracing dan testing (memperbanyak screening).
  • Mempercepat vaksinasi terutama daerah yang belum capai 70 persen vaksin pertama.
  • Target lansia dan anak 6-11 tahun.
  • Mempercepat riset omicron.

Kepada pemerintah daerah dimintahkannya untuk terus berkoordinasi bersama unsur terkait ditiap daerah dalam penanganan covid 19.

Dalam rapat, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin juga menjelaskan dalam penanganan pandemi covid 19, target pertama kita penerapan protokol kesehatan yakni dedeksi, terapeutik dan vaksinasi.

Sementara itu, Wali Kota Senduk mengatakan Pemerintah Kota Tomohon bersama Forkopimda dan unsur terkait lainnya terus berupaya dalam penanganan covid 19.

“Kami selaku Pemerinrah tentu akan terus mendukung berbagai program pemerintah pusat dalam penanganan covid 19 terlebih varian omicron,” ucap Caroll.

Ia menjelaskan, penanganan covid 19 di Kota Tomohon telah dan sementara dilaksanakan salah satunya percepatan vaksinasi, disetiap Kelurahan sudah dilaksanakan kegiatan vaksin yang melibatkan instansi terkait dan program ini akan terus dilaksanakan sampai program vaksinasi tuntas.

Sampai saat ini aktivitas masyarakat Kota Tomohon saat Natal aktifitasnya normal-normal saja dan diharapkan sampai perayaan tahun baru nanti pergerakan masyarakat terus berjalan sesuai yang diharapkan dalam bersama berupaya dalam penanggulangan covid 19.

Himbauan Wali Kota kepada masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Kepada seluruh masyarakat Kota Tomohon, kami mengimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dalam beraktivitas terlebih saat natal dan tahun baru,” tukasnya.

Hadir mendampingi Walikota Tomohon, Assisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Tomohon Toar Pandeirot SPd MM, Kajari Tomohon Fien Ering SH MH, Danramil Kota Tomohon Kapten Inf Juris Sahese, Wakapolres Tomohon Kompol Ferdinand Runtu dan jajaran instansi terkait lainnya. (Novita)

Categories: Tomohon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s