Tomohon

Tahun 2022 Tahun Kinerja Meski Dalam Pandemi C – 19

Tomohon – Wali Kota Tomohon Caroll Senduk SH hadir dalam konsolidasi laporan keuangan SKPD, BLUD dan laporan keuangan Pemerintah Kota Tomohon, bertempat di Aula rumah Dinas Wali Kota Tomohon, Kamis (6/1/21).

Dalam kesempatan itu, Wali Kota memberikan sambutan dan arahan dalam kegiatan ini.
Beliau mengingatkan bahwa dalam apel kerja perdana tahun 2022 saya sampaikan bahwa tahun 2022 ini sebagai tahun kinerja, disiplin dan pengembangan kompetensi.
Meskipun masih dalam kondisi pandemi covid-19.

“Kita tetap harus bersemangat, menjaga kesehatan, dan tentunya kita tetap terus menerapkan protokol kesehatan yang ketat, termasuk pada kegiatan-kegiatan resmi pemerintahan seperti saat ini,” ucap Wali Kota.

Beliau mengingatkan, agar seluruh perangkat harus memiliki semangat dalam meningkatkan kinerja agar meraih prestasi – prestasi seperti yang di dapat tahun 2021.

“Saya mengingatkan kembali agar kita tidak cepat berpuas diri dengan berbagai capaian prestasi yang telah kita raih di tahun 2021 yang lalu, melainkan dengan semangat baru kita bersama-sama mempertahankan bahkan meningkatkan kinerja dan prestasi, termasuk raihan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) ke-8 pada tahun 2021 kemarin,” tukasnya.

​Pada rapat kerja di awal tahun ini, Wali Kota menyorot tentang kepatuhan seluruh perangkat daerah untuk menyampaikan laporan keuangan perangkat daerah tahun anggaran 2022 kepada Walikota melalui pejabat pengelola keuangan daerah, yang dalam hal ini yaitu Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah Kota Tomohon, laporan tersebut dimasukkan ke bidang akuntansi dan pelaporan keuangan daerah paling lambat tanggal 19 januari 2022, dan tentunya penyerahan laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) Kota Tomohon tahun anggaran 2021 harus diserahkan kepada badan pemeriksa keuangan (BPK) sesuai dengan jadwal dari BPK RI perwakilan provinsi Sulawesi Utara.

“Saya mengharapkan kepada seluruh perangkat daerah di pemerintah Kota Tomohon agar mempedomani surat edaran Walikota nomor: 402/wkt/x-2021 tentang langkah-langkah strategis penyusunan laporan keuangan perangkat daerah dan laporan keuangan pemerintah daerah Kota Tomohon tahun anggaran 2021, dimana dengan jelas tercantum langkah-langkah yang harus dilakukan dan dipersiapkan sesuai dengan target waktu yang sudah ada, dimulai sejak bulan desember tahun 2021 yang lalu,” harapnya lagi.

Wali Kota menegaskan, untuk perangkat daerah yang tidak bisa memenuhi target maka pengajuan permintaan uang persediaan (UP) tahun anggaran 2022 dari perangkat daerah tersebut tidak dapat dilakukan.

Dikatakannya, dengan kerja keras, kerja cerdas dan kerja tuntas Kota Tomohon dapat meraih kembali opini wajar tanpa pengecualian dari BPK atas laporan keuangan pemerintah daerah tahun anggaran 2021 atau WTP ke-9. Ini adalah harapan Wali Kota bersama Wakil Wali Kota, bahkan harapan semua masyarakat Kota Tomohon.

Lanjutnya, semua hasil yang telah dicapai dan nanti dicapai merupakan buah dari kerjasama tim. Harus ada koordinasi, harus ada sinergitas antar Perangkat Daerah agar semua bisa berjalan lancar, saat pemeriksaan BPK tidak ada yang keluar daerah atau ijin tanpa keterangan.

Turut hadir Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring, SE, ME, Kepala BPKPD Kota Tomohon Drs. Gerardus Mogi, MAP serta seluruh Kepala Perangkat Daerah se-Kota Tomohon. (Novita)

Categories: Tomohon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s