Minahasa

E-voting Bakal Dilakukan Pada Pemilihan Hukum Tua di Minahasa

Minahasa – Pemilihan Hukum Tua di Minahasa Tahun 2022 ini akan dilakukan secara e-voting. Hal ini disampaikan oleh Asisten I Setdakab Riviva Maringka, usai melalukan konsultasi dan Koordinasi di Direktorat Jendral Bina Pemerintahan Desa Kementerian dalam Negeri di Jakarta bersama Kepala Dinas Pemerintahan dan Desa (PMD), Jefry Tangkulung, Selasa (18/01).

“Dirjen Bina Pemerintahan Desa merekomendasikan dan menyarankan dalam pemilihan Hukum Tua agar dilakukan secara e-voting,” terang Maringka

Namun dilanjutkannya, penerapan e-voting ini tidak akan dilakukan di semua desa, tapi hanya sebagian desa yang nantinya akan dilakukan uji coba terlebih dahulu di beberapa desa.

“Kami sudah melakukan uji coba di Dirjen Bina Pemerintah Desa. Jika ini terlaksana maka Kabupaten Minahasa daerah pertama di Sulut mengunakan sistem e-voting dalam pelaksanaan pilhut,” ungkap Maringka.

Sementara Kadis PMD Jeffry Tangkulung menjelaskan, jika tidak ada perubahan, tahapan Pilhut serentak untuk 98 desa di Minahasa akan digelar bulan Maret mendatang.

Setelah melakukan Konsultasi soal penyempurnaan peraturan bupati (bupati) dan ditandatangani maka Pilhut di Minahasa akan segera digelar.

“Apalagi pelaksanaan pemilihan hukum Tua juga digelar dimasa covid-19 sehingga perlu kewaspadaan. Persiapan baik aspek logistik, keamanan, protokol kesehatan maupun lainnya harus disiapkan dengan matang, ” ujar Kadis PMD Jefry Tangkulung. (CT)

Categories: Minahasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s