Bitung

Diapresiasi Kemenparekraf RI, Upacara Adat Tulude Pemkot Bitung Sukses Digelar

BITUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung menggelar Upacara adat Tulude yang dihadiri oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) di Riverside Manembo-Nembo Kecamatan Matuari, Senin (31/1 2022).

Ivent tahunan tersebut rutin dilakukan oleh Pemerintah dan Masyarakat Kota Bitung sebagai ungkapan syukur atas penyertaan Tuhan dalam memasuki tahun 2022,  disiarkan secara langsung melalui Fanpage Facebook PEMKOT BITUNG dan zoom dan disaksikan oleh seluruh masyarakat daerah dalam negeri bahkan sampai ke luar negeri.

Wali Kota Bitung, Ir Maurits Mantiri, menyampaikan ivent itu digelar setiap tahun tepatnya di akhir bulan Januari. Masyarakat Kota Bitung sambungnya, begitu antusias dengan pergelaran tersebut. Apalagi di Tahun ini, disaksikan secara langsung oleh Kemenparekraf.

“Tulude telah dilaksanakan selama bertahun-tahun dan merupakan upacara adat yang sakral serta religius yang dilaksanakan oleh masyarakat etnis Nusa Utara yang ada di Kota tercinta ini,” kata Mantiri yang didampingi Wakil Walikota Bitung Hengky Honandar.

“Atas jiwa gotong royong kegiatan upacara adat tulude bisa terselenggara dengan melibatkan semua pihak. Ini juga mejadi patokan untuk membuat iven berikutnya agar standar harus lebih tanggi, jika memang kita mau kota ini menjadi kota pariwisata,” ujarnya.

Direktur Infrastruktur Ekraf Kemenparekraf RI Hariyanto mengapresiasi serta bahagia dan bangga bisa hadir dan menyaksikan langsung upacara adat tersebut.

“Suatu kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri Kemenparekraf hadir serta menjadi bagian dalam upacara Adat Tulude Pemkot Bitung tahun 2022,” ujarnya.

Apalagi, kata Hariyanto, iven Tulude sangat sarat dengan budaya dan menjadi potensi pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif yang mulai menggeliat seiring melandanya kasus Covid-19.

“Program pariwisata dan ekonomi kreatif memang akan berjalan efektif jika melibatkan semua pihak dan itu telah dimulai di Kota Bitung. Apa yang ditunjukkan Pemkot Bitung harus terus dipertahankan sehingga dapat menyokong geliat ekonomi di titik-titik destinasi,” katanya.

Kegiatan ini turut dihadiri Ketua TP PKK Kota Bitung, Ny Rita Mantiri Tangkudung, Sekretaris I TP PKK Kota Bitung, Ny Ellen Honandar Sondakh, Forkopimda dan pejabat Pemkot Bitung. (Advertorial)

Categories: Bitung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s