Minahasa

Wabup Dondokambey Lantik 10 Pejabat Eselon II, Berikut Ini Nama nama yang dilantik

Tondano – Sebanyak 10 pejabat Eselon II dalam pemerintahan Bupati Dr. Ir. Royke Octavian Roring, MSi dan Wakil Bupati Minahasa Wakil Bupati Minahasa DR. (HC) Robby Dondokambey diambil sumpah/janji sebagai pejabat pimpinan tinggi Pratama di lingkungan pemerintah kabupaten Minahasa, Jumat (4/2/2022).

Pelantikan ini dihadiri Sekda Minahasa Frits Muntu dan Forkopimda Minahasa yang diawali pembacaan Surat Keputusan Bupati oleh Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Drs. Moudy Pangerapan, MAP.

Dalam proses pengambilan sumpah janji dan pelantikan pejabat pimpinan tinggi Pratama, Drs. Riviva Maringka, MSi didefinitifkan sebagai Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Dra. Riani Suwarno menjabat sebagai Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, dr. Maya Rambitan M. Kes yang yang sebelumnya menjabat Kadis Kesehatan berpindah sebagai Kadis Sosial, sementara Drs John Kapoh ditempatkan sebagai staff ahli bidang ekonomi dan keuangan, Jefry Sumendap Sajow, SH berpindah tempat ke Kadis Tenaga Kerja, Debby Bukara Kepala Dinas Pangan, Drs. Teddy Sumual menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Hukum, Drs. Steady Tumbelaka dari staf ahli kali ini diberi kepercayaan menjabat sebagai Kadis Kebudayaan dan Pariwisata, Drs. Jori Gumansing menjabat sebagai Kadis Perdagangan dan Perindustrian, Dr. Arody Tangkere, MAP yang sebelumnya menjabat Kadis Tenaga kerja kali ini dipercayakan sebagai Kadis Pemuda dan Olagraga.

Wabup Dondokambey usai melantik 10 pejabat eselon, mengucapkan selamat atas dilantiknya 10 pejabat eselon dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Kabupaten Minahasa. Mutasi jabatan ini dilakukan pada beberapa jabatan strategis yang penting untuk dilakukan akselerasi dan penguatan pada sektor prioritas antara lain Pelayanan Publik, Ketenagakerjaan, Sosial, Ekonomi, Kesehatan dan Administrasi.

“Selaku Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK), Saya mempunyai kewenangan untuk menetapkan pengangkatan, pemindahan, dan pemberhentian Pegawai ASN, dan pembinaan manajemen ASN di instansi pemerintah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Meskipun demikian, Saya tetap melakukan pertimbangan yang berdasarkan pada objektifitas, kepangkatan, kompetensi, kinerja dan pengalaman tanpa membedakan gender, suku, agama, ras dan golongan, yang tentunya sejalan dengan Tim Penilai Kinerja Kepegawaian. Hal ini sekaligus menjelaskan bahwa proses pengambilan keputusan dalam pembinaan manajemen dan karier pegawai sepenuhnya mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku,” kata Wabup Dondokambey.

Dijelaskan Wabup bahwa Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Jabatan ini dimaksudkan untuk menindaklanjuti Hasil Evaluasi Kinerja, Penilaian Kualifikasi, Test Kompetensi dan Uji Kesesuaian (Job Fit) yang telah diikuti oleh beberapa Pejabat Pimpinan Tinggi pada bulan Januari yang lalu dan telah mendapat persetujuan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Pemerintah Kabupaten Minahasa telah memberikan kepercayaan kepada saudara untuk mengemban amanah dan tanggung jawab masing-masing. Saya percaya akan kemampuan dan kapasitas yang saudara miliki, disamping terpenuhinya kriteria kompetensi, profesionalisme, komitmen serta integritas yang tinggi terhadap tugas yang saudara jalankan selama ini. Dengan adanya pelantikan ini, saya harap akan bisa membawa perubahan ke arah yang lebih baik lagi. Saya juga berharap, saudara yang dilantik saat ini dapat menghasilkan ide dan inovasi guna mewujudkan pembangunan di segala bidang untuk kemajuan Kabupaten Minahasa yang kita cintai,” terangnya.

Ditambahkan Wabup, mengingatkan bahwa Pasal 10 Undang-undang 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara bahwa ASN memili 3 (tiga) fungsi strategis, yaitu:

  1. Pelaksana Kebijakan Publik
  2. Pelayan Publik
  3. Perekat dan Pemersatu Bangsa

“Untuk itu pada kesempatan ini saya ingin menegaskan kembali tentang keterpaduan langkah bahwa tugas Pelayanan Publik, tugas Pemerintahan, dan tugas Pembangunan perlu diarahkan pada satu tujuan utama yakni untuk kepentingan masyarakat. Keterpaduan langkah kita untuk secara bersama-sama terpadu selangkah seirama menjadi kunci sukses yang penting.

Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya ingin mendorong kesatuan gerak langkah kita, kesatuan ke arah titik yang sama, menyasar pencapaian visi misi pembangunan daerah sesuai dengan bidang dan tugas serta spesialisasi masing-masing,” tutup Wabup Dondokambey.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati menyerahkan SK Pelaksana Tugas diantaranya, Drs Riviva Maringka Plt Kadis Kesehatan, Tommy Wuwungan Plt. Kadis Pendidikan, Syultje Panambunan Plt Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.

Sebelumnya, Wabup Dondokambey menyerahkan sek pensiun dan manfaat tabungan hari tua kepada tiga PNS yang memasuki purna tugas. (CT)

Categories: Minahasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s