Bitung

Menparekraf RI: Maurits terbaik, Gunakan Program Tepat Sasaran, Tepat Manfaat, dan Tepat Waktu

Bitung – Tepuk tangan meriah dari para tamu undangan mengikuti pujian yang di lontarkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno. Dalam sambutannya di Taman Wisata Alam (TWA) Batu Angus, Rabu (16/2), Menparekraf RI Sandiaga Salahhudin Uno memuji Wali Kota Bitung.

“Dari semua presentasi kepala daerah yang saya dengar, presentasi Wali Kota Bitung Maurits Mantiri yang paling terbaik karena sampai menyinggung metavere dan dilengkapi dengan dokumentasi video dan dapat diserap dengan baik” ungkap Pak Menteri.

Kedatangan Menparekraf itu dalam rangka penyerahan Dana Alokasi Khusus 2021 dan Rencana Dana Alokasi Khusus 2022.

Tidak lupa juga sebelum penyerahan tersebut, Wali Kota Bitung Ir. Maurits Mantiri, MM mempresentasikan potensi wisata yang ada di selat Lembeh yang merupakan surga tersembunyi dikarenakan Selat Lembeh sebagai situs Muck Diving atau Lokasi Selam dengan Dasar Laut Berpasir terbaik di dunia

“Kecantikan Biota Laut yang ada di Selat Lembeh merupakan objek yang mahal bagi pecinta fotografi bawah air. Itu sebabnya Selat Lembeh mendapat sebutan The Mecca of Macro Photography”, terang Mantiri.

Selanjutnya, Mantiri menyampaikan kondisi geologi Selat Lembeh sangat unik serta bentuk geometric selat yang khas menyerupai mulut naga. Selat ini mengalirkan arus laut bolak-balik yang kuat dari Laut Sulawesi dan Samudera Pasifik.

Dalam presentasi yang di lakukan melalui Zoom Meeting, Wali Kota Bitung juga mengungkapkan bahwa Karakter Arus Bolak-balik ini menyebabkan Efek Eutrofikasi yang membawa nutrisi dari Substrat Batuan Vulkanik yang kaya Mineral sebagai Bahan Makanan yang berlimpah bagi berbagai makhluk yang hidup didasar Selat. Oleh sebab itu sangat logis jika Selat Lembeh memiliki makhluk-makhluk dasar laut yang bentuk fisiknya tidak lazim, langka, unik dan mempesona serta bebarapa spesies eksotis yang tidak terdapat di perairan lainnya.

Bersamaan dengan itu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahhudin Uno mengaku bahagia berkunjung ke Bitung karena menurutnya kota ini memiliki potensi pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Kita harus buka peluang usaha untuk ciptakan lapangan kerja di Kota Bitung, salah satu kota yang mengalami pertumbuhan yang baik di tengah pandemi, dikarenakan adanya kekuatan ekspor dari produk-produk yang memang memiliki keunggulan disini. Mari kita gunakan kesempatan ini untuk program tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu untuk menjawab kebutuhan masyarakat,” gagas Pak Menteri.

Di TWA Batu Angus , Menparekraf didampingi Wakil Wali Kota Bitung, Hengky Honandar, SE, Ni Wayan Giri Adnyani, Sekretaris menparekraf, Vincensius Jemadu, Deputi Bid. Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Ario Prawiseso, Staff Khusus Menteri, SEKDA Kota Bitung, Bapak Audy Pangemanan dan Kapolres Bitung, Bapak AKBP. Alam Kusuma S. Irawan; Dandim 1310 Bitung diwakili oleh Danramil Bitung Tengah, Badan Promosi Pariwisata Kota Bitung, Ibu Pingkan Kapoh, Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Prov. Sulawesi Utara, Bapak Askhari DG Masiki, Investor PT. TAKA Ibu Dewi Y Wowor dan Ibu Sri Nurul Rianawati, Stakeholders Pelaku dan Komunitas Ekraf. (Tya)

Categories: Bitung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s