Manado

Brigjen Muhklis Pastikan Kesiapan Kedatangan Presiden Jokowi di Sulut

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Jelang kunjungan Kerja (Kunker) Presiden RI Ir Joko Widodo ke Sulawesi Utara, Komandan Korem 131/Santiago Brigjen TNI Mukhlis, S.A.P., M.M selaku Dansatgas Pam  Wilayah VVIP mengecek secara langsung dilapangan baik kesiapan personel, materiil dan sarana prasarana pendukung lainya dalam rangka pengamanan  kunjungan RI-1 diwilayah Prov  Sulawesi Utara, Kamis (24/2).

Diketahui tugas pengamanan kepada Presiden dan Wakil Presiden beserta keluarganya merupakan tugas TNI sebagai leading sektor namun selalu dikolaboborasikan  dengan instansi terkait yang ada diwilayah.

Adapun kegiatan kunjungan  Presiden RI  ke Provinsi Sulut yaitu dalam rangka   meresmikan jalan Tol  Bitung, dan dilanjutkan  peninjauan  pelaksanaan  vaksinasi yang berlokasi  Peti Kemas Kota Bitung.

Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Mukhlis S.A.P, M.M mengatakan persiapan pengamanan RI 1 sudah dilakukan. Mulai dari apel gelar pasukan, pengecekan rute, gladi rangkaian dan pemeriksaan obyek  sasaran yang akan dikunjungi oleh RI 1.

“Dan semua kami laksanakan  sesuai protap,” ungkapnya.

Ia mengaku, ini semua sudah dilakukan dengan baik dan semaksimal mungkin.

“Kami telah berkoordinasi dengan Paspampres, unsur Kepolisian, Pemprov, Pemkot, Basarnas, Damkar, Dinas Perhubungan, Jasa Marga Bitung Manado (JMB) dan sampai saat ini, persiapanya  pengamanannya  ini berjalan baik,” sebutnya.

Lebih lanjut Danrem menegaskan untuk memastikan kesiapan dari RI 1, pihaknya perlu mengecek kesiapan pasukan pengamanan baik secara perorangan maupun satuan sesuai Prosedur Tetap (Protap) VVIP serta melaksanakan koordinasi antar unsur sehingga saya minta tidak ada terjadi kesalahan sekecil apapun.

Selain itu, Danrem juga menjelaskan bahwa keselamatan Presiden Republik Indonesia adalah kehormatan dan harga diri Bangsa Indonesia.

“Dimana pun beliau berada atau beraktivitas kita harus dapat menjamin keamanan beliau beserta rombongan sebagai aparat negara dan pemerintahan,” Kata Brigjen Mukhlis.

Hanya saja, ketentuan di dalam pelaksanaan pembagian tugasnya, TNI ditunjuk sebagai Leading  Sektornya. namun penerapannya di lapangan dapat dikolaborasikan dengan tim gabungan lainnya agar tugas operasi pengamanan ini dapat berjalan secara optimal.

Brigjen Mukhlis secara tegas mengatakan tidak boleh ada sesuatu yang mengganggu kunjungan Presiden kita apa pun bentuknya.

“Kunjungan Presiden Republik Indonesia dan rombongan selama di Sulawesi Utara ini harus dapat kita pastikan berlangsung dengan aman, nyaman,  tertib dan lancar baik selama kegiatan kunjungan kerja sampai dengan kembalinya, apapun harus kita pertahankan untuk itu, karena ini menyangkut harga diri dan kehormatan bangsa kita,” tegasnya.

“Sekali lagi ditekankan tidak boleh ada satu ancaman sekecil apapun yang berpotensi mengganggu kegiatan beliau (Presiden) selama berada di Sulawesi Utara. Untuk itu harus diyakinkan pagi ini kita semua dengan apel kesiapan ini,  untuk memastikan bahwa kita siap dan  mampu menjamin keamanan Presiden Republik Indonesia beserta  rombongan selama berada di Sulawesi Utara,” sambungnya.(*/gabby)

Categories: Manado

Tagged as: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s