Ekonomi & Bisnis

Diresmikan Direksi PLN Bersama Danlantamal VIII, Jembatan Mangrove Pulau Komang Kalinaun Siap Digunakan

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Hutan mangrove merupakan ekosistem hutan bakau yang tumbuh di pesisir pantai atau perairan sekitar muara sungai.

Tepatnya di Kawasan Konservasi Mangrove Pulau Komang Kalinaun Likupang Sulawesi Utara telah dilakukan upaya-upaya pelestarian mangrove oleh PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Suluttenggo melalui bantuan PLN Peduli.

PLN Peduli menunjukkan keikutsertaannya dengan menggandeng Pangkalan Utama TNI AL VIII Manado dan masyarakat Desa Kalinaun untuk turut menjaga ekosistem mangrove yang dibuktikan dengan melakukan pembuatan jembatan sepanjang 70 meter di Kawasan Konservasi Pulau Komang yang diresmikan pada Jumat (11/03).

Direktur Regional Bisnis Sulawesi, Maluku, Papua & Nusa Tenggara (Sulmapana), Adi Priyanto yang turun langsung meresmikan jembatan tersebut mengatakan bahwa begitu pentingnya fungsi hutan mangrove terhadap lingkungan.

“Mangrove memiliki kemampuan menyerap emisi gas rumah kaca (GRK) 5 kali lebih baik dari tanaman hutan lainnya. Untuk itu tentu saja PLN  sangat concern terhadap keberadaan hutan mangrove ini, Karena Mangrove juga menjadi sumber pendapatan masyarakat melalui pemanfaatan ekowisata maupun hasil hutan non kayu,” sambut Adi.

Pulau Komang yang lokasinya berdekatan dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang yang juga merupakan salah satu dari 5 ‘Destinasi Super Prioritas’ yang dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia, sehingga PLN dalam menunjang Program Sulawesi Utara sebagai Pintu Gerbang Destinasi Wisata di Asia dan Pasifik serta pemberdayaan masyarakat yang nantinya bisa mendukung kawasan budidaya mangrove ini dengan konsep ekowisata yang dapat menaikan tingkat ekonomi masyarakat.

General Manager PLN UIW Suluttenggo, Leo Basuki yang hadir bersamaan dalam peresmian menyebutkan bahwa program PLN Peduli di kawasan tersebut tidak akan tercapai apabila tidak terciptanya  hubungan yang harmonis dengan para stakeholders PLN, masyarakat, pelaku usaha, kalangan akademisi untuk  mewujudkan lingkungan lestari.

“Terima kasih untuk Lantamal VIII atas kerja sama dan dukungannya sehingga program Ekowisata Mangrove yang digencarkan PLN untuk wilayah Likupang sebagai destinasi wisata dapat terlaksana,” ucap Basuki.

Program PLN Peduli tersebut mendapat apresiasi dari Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VIII Manado Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya, S.E., CfrA yang juga hadir dalam peresmian.

“Jembatan wisata mangrove ini merupakan terobosan luar biasa dan suatu kreativitas yang patut diapresiasi. Lokasi ini akan menjadi objek wisata baru yang akan menarik pengunjung untuk menikmati keindahan alam mangrove, dan nantinya akan menunjang perekonomian masyarakat sekitar,” ujar Wayan.

PLN senantiasa bersinergi dengan seluruh stakeholder dalam pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan serta meningkatkan keandalan listrik di Indonesia agar dapat Menjadi Perusahaan Listrik Terkemuka se-Asia Tenggara dan Nomor 1 Pilihan Pelanggan untuk Solusi Energi.

Untuk kemudahan layanan listrik dimana saja dan kapan saja, pelanggan dapat mengakses layanan kelistrikan melalui Aplikasi PLN Mobile yang bisa di download di Play Store dan App Store. Nikmati Layanan PLN hanya dalam satu genggaman, PLN Mobile Semua Makin Mudah.(*/gabby)

Categories: Ekonomi & Bisnis

Tagged as:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s