Sulut

GMIM Rilis Nominasi, Berikut Profil Calon Kuat KWSB Komisi Pelayanan Remaja Sinode

TOMOHON – Badan Pekerja Majelis Sinode (BPMS) GMIM bersama Panitia Pelaksana kemarin Jumat (11/3) telah merilis sejumlah nama Penatua Remaja Wilayah yang masuk dalam nominasi calon Komisi Pelayanan Remaja Sinode (KPRS) GMIM, yang langsung dibacakan oleh Ketua Umum Panitia Pemilihan Olly Dondokambey SE. Selanjutnya para nominator ini akan terjun berkompetisi dalam Pemilihan KPRS GMIM yang akan dilaksanakan di Wale Ne Tou Tondano Minahasa pada Jumat 25 Maret 2022.

Jika dilihat secara kasat mata, pemilihan KPRS GMIM memiliki daya tarik tersendiri. Hal ini gara – gara banyaknya para Penatua/ Ketua Komisi Pelayanan Remaja Wilayah (KPRW) yang menyatakan siap maju untuk bertarung memperebutkan tiga belas kursi KPRS GMIM 2022-2027. Total 39 nama ketua remaja wilayah yang masuk dalam nominasi KPRS.

Ketika dimintai keterangan terkait pemilihan KPRS, Sekretaris Umum Badan Pekerja Majelis Sinode (BPMS) GMIM Pdt Dr Evert Tangel mengatakan selanjutnya untuk tahapan pemilihan KPRS bakal dilaksanakan di Gedung Wale Ne Tou Kabupaten Minahasa. Sementara ketika dimintai tanggapan terkait hasil nominasi dan calon ketua nanti, Pdt Evert menyebut untuk nominasi bakal calon komisi pelayanan BIPRA mempunyai syarat yang berbeda dengan anggota.

“Jadi yang diverikasi bukan hanya usulan dari jemaat. Tapi kami lihat juga syarat-syarat khusus apakah bisa ditetapkan sebagai calon Ketua Komisi Pelayanan atau hanya dimasukan dinomisi calon ketua. Salah satu syarat khusus untuk unsur ketua harus punya pengalaman pelsus selama 1 periode,” ungkapnya.

Informasi yang diterima media ini, dari sekian banyak penatua remaja telah mengerucut delapan nama calon Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris dan Asisten Bendahara (KWSB) “ Ya kalau dilihat dari perolehan nominasi, sudah ada beberapa nama yang mengerucut untuk dicalonkan dalam sturktur inti KPRS,“ ujar salah satu Pembina Remaja senior dikalangan GMIM.

Disisi lain, Kak Pnt Joune Ganda menyambut baik hasil nominasi yang menempatkam dirinya teratas dalam usulan dari jemaat. “Segala sesuatu yang direncanakan Tuhan harus disyukuri. Segala kemuliaan bagi Tuhan Yesus,” ucap Kak Pnt Joune.

Ditempat lain, Kak Pnt Michaela Paruntu juga menyampaikan puji syukurnya. “Puji syukur kepada Tuhan saya bisa masuk 3 besar dalam hasil nominasi. Tentunya saya sampaikan banyak terima kasih kepada kakak-kakak penatua yang sudah menominasikan saya,” tutupnya.

Diketahui pemilihan KPRS Sinode GMIM bakal dilaksanakan pada 25 Maret mendatang bersamaan dengan Kompelka BIPRA. Untuk KPRS Sinode berlokasi di Gedung Wale Ne Tou Minahasa, dan dalam pemilihan dimintakan ketat menerapkan protokol kesehatan.(***)

Berikut profil calon kuat KWSB KPRS GMIM 2022-2027

KETUA : KAK JOUNE VS KAK MICHA

PNT. JOUNE J.E. GANDA
Kak Joune lahir pada tanggal 27 Juli 1971, Ia sebenarnya merupakan orang lama dalam pelayanan Remaja GMIM. Diketahui diusianya yang masih sangat muda Ia pernah memangku tugas pelayanan sebagai Ketua Komisi Pelayanan Remaja Jemaat (KPRJ) GMIM Imanuel Kaima pada tahun 1990. Sewaktu usia remaja ia aktif dalam pelayanan di Jemaat dan di Sekolahnya, tercatat Ia pernah menjadi Ketua OSIS SMPN 1 Airmadidi. Sekembalinya dari Jakarta kak Joune kembali aktif dalam kepelayanan GMIM diantaranya sebagai Ketua KPRJ dan Wakil Ketua BPMJ GMIM Imanuel Kaima, Ketua KPRW dan Wakil Ketua BPMW Minawerot, serta dipercayakan juga sebagai Anggota Sidang Majelis Sinode utusan Jemaat dan Wilayahnya. Selain itu Ia juga merupakan seorang pengusaha sukses. Tercatat berbagai posisi penting pernah diembanya mulai dari Komisaris PT Tucano Karya Gemilang, Komisaris Utama PT Putera Juara dan Direktur PT Dharma Sarana Semen Nusantara serta Komisaris Utama PT Kenos Cahaya Bangsa. Saat ini Kak Joune aktif terjun sebagai pelayan masyarakat dengan memegang tugas dan tanggung jawab sebagai Bupati Minahasa Utara.

PNT. MICHAELA PARUNTU
Kak Micha lahir di Notthingham pada tanggal 1 Oktober 1982. Sejak usia muda Kak Micha aktif dalam kegiatan kepariwisataan di Sulawesi Utara. Diketahui berbagai predikat pernah digapainya yakni Wulan Minahasa, Noni Sulut dan Puteri Bahari pada tahun 2001. Berprofesi sebagai seorang dokter Kak Micha aktif dalam berbagai kegiatan pelayanan masyarakat. Menyelesaikan Pendidikan Strata 2 di Universitas Indonesia membuat Kak Micha ingin lebih mengembangkan dirinya dibidang kedokteran. Tercatat Ia juga pernah menjadi Dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi. Dalam pelayanan di Remaja GMIM, Kak Micha merupakan Ketua KPRJ GMIM Imanuel Ranowangko dan Ketua KPRW Tanahwangko 2 pada periode 2018-2022
dan terpilih kembali pada periode saat ini yakni 2022-2027. Diperiode pertama pelayananya sebagai penatua remaja, Ia langsung terpilih sebagai Ketua KPRS GMIM pada tahun 2018 yang saat itu dilaksanakan di Amurang Kabupaten Minahasa Selatan. Diketahui juga Kak Micha aktif sebagai politisi Partai Golkar dengan jabatan Ketua DPD II Minahasa Selatan.

WAKIL KETUA : KAK GERALDI VS KAK STEVIE

PNT. GERALDI MANTIRI
Kak Raldy lahir pada tanggal 19 Maret 1988, sejak usia muda Ia aktif dalam berbagai pelayanan gerejawi, hingga membuatnya terpilih sebagai Wakil Ketua Komisi Pelayanan Pemuda Sinode GMIM periode 2014-2018. Ditahun 2021 Ia terpilih kembali sebagai Penatua, namun dalam kategorial yang berbeda yakni sebagai Ketua Komisi Pelayanan Remaja GMIM Manembonembo sekaligus juga terpilih sebagai Penatua Remaja Wilayah Bitung 7 pada Januari 2022. Diusianya yang terbilang muda Ia telah sukses memulai karir politiknya untuk menjadi Wakil Rakyat. Dalam pemilihan Anggota Legislatif Kota Bitung 2019 silam, Ia berhasil mendapatkan suara terbanyak dalam Pileg Bitung kala itu. Kini Kak Raldy duduk sebagai Anggota DPRD Kota Bitung dan juga memikul tanggung jawab sebagai Ketua Fraksi PDI-Perjuangan.

PNT. STEVIE KALIGIS
Kak Stevie merupakan seorang akademisi handal dibidang Ekonomi Akuntansi, Ia diangkat sebagai Dosen Tetap pada Universitas Politeknik Manado dan pernah memangku jabatan sebagai Kaprodi Akuntansi. Kak Stevie merupakan orang lama dalam pelayanan dunia remaja. Pertama kali menjadi Ketua Komisi Pelayanan Remaja pada tahun 1998, mecatatkan dirinya sebagai salah satu Penatua Remaja Senior dikalangan GMIM. Diketahui Ia kembali menjadi Penatua Remaja pada tahun 2013-2017, 2018-2021 dan 2022-2026 di Jemaat yang sama yaitu GMIM Syalom Karombasan. Ia juga bahkan menjadi Ketua Komisi Pelayanan Remaja Wilayah Manado Selatan Satu selama tiga periode berturut yakni pada periode 2017, 2018-2022 dan 2022-2026. Selain itu Ia juga aktif sebagai anggota Tim Pelayanan Mobil Misi Sinode GMIM sejak tahun 2008 hingga saat ini. Empat tahun lalu menjelang pemilihan KPRS 2018-2022 di Amurang dirinya pernah mencatat sebagai nominator terbanyak dalam bursa pemilihan Calon KPRS GMIM kala itu.

SEKRETARIS : KAK MEKSI VS KAK MELKY

PNT. MEKSI SAHENSOLAR
Kak Meksi lahir pada tanggal 30 Mei 1972. Mengawali pelayanan sebagai Penatua Remaja pada tahun 1995, menjadikan dirinya sebagai salah satu Pembina Remaja Senior Sinode GMIM. Dirinya merupakan sosok yang sangat dikenal dikalangan remaja pembina remaja. Berbagai tugas pelayanan telah digapainya diantaranya sebagai Ketua KPRJ GMIM Sion Wioi 1995-2000, 2000-2005 dan terpilih kembali pada periode 2010-2014 dan 2014-2018, serta juga sebagai Ketua KPRW Ratahan 1995-2000, 2000-2005, 2010-2014 dan 2014-2018. Diaras Sinode dirinya menjadi anggota KPRS GMIM periode 2000-2005 kemudian menjadi Wakil Sekretaris pada 2005-2010, Sekretaris KPRS 2010-2014 dan wakil Ketua KPRS pada 2014-2018. Sejarah mencatat ia merupakan bagian dari Komisi Pelayanan Remaja Sinode GMIM sejak era Alm. Pnt. Am. Jacobus Wowor, Alm Pnt Am. Jimmy Mamahit, Pnt. Am. Jantje W. Sajouw dan terakhir mendampingi Pnt. Am. Moody Rondonuwu. Kini kak Meksi kembali lagi terpilih sebagai ketua KPRJ Mapakamang Tosuraya Selatan dan Ketua KPRW Ratahan.

PNT. MELKY ROKY PATTIWAEL
Kak Melky lahir pada tanggal 4 Agustus 1989. Ia merupakan salah satu Penatua Remaja terfavorit dikalangan Pembina Remaja dan Remaja GMIM. Masuk kedalam susunan Anggota Komisi Pelayanan Remaja Sinode GMIM sejak tahun 2014 yang membidangi Data dan Umum, membuat dirinya menjadi salah satu sosok yang kenal betul dan mengikuti perkembangan dunia Remaja dilingkungan GMIM. Memulai pelayanan sebagai Penatua Remaja Jemaat GMIM Karmel Mahakeret dan Penatua Remaja Wilayah Manado Sentrum 2014-2018, membuat dirinya terus berkomitmen dalam setiap kepalayanan Remaja GMIM, hingga ia terpilih kembali sebagai Ketua KPRJ dan Ketua KPRW periode 2018-2022 yang turut menjadikan dirinya menjadi Sekretaris KPRS GMIM pada pemilihan yang diselenggarakan di Amurang – Minahasa Selatan. Diperiode ini dirinya pun masih mendapat kepercayaan yang sama di Jemaat dan Wilayah. Praktis tiga periode pelayanan telah dilaluinya yakni sebagai Ketua KPRJ GMIM Karmel Mahakeret dan Ketua KPRW Manado Sentrum. Bukan hanya sampai disitu saja, saat ini Ia sedang menjalankan tugas pelayanan sebagai Sekretaris Komisi Remaja Sinode Am Gereja – Gereja di Sulawesi Bagian Utara dan Tengah ( SAG Sulutteng ).

BENDAHARA : KAK RIEDEL VS KAK TECI

PNT. RIEDEL SANNY MONGISIDI
Kak Riedel lahir pada tanggal 18 Februari 1994. Saat masih remaja, ia aktif dalam berbagai kegiatan Remaja Sinode GMIM. Tercatat ia pernah menjadi salah satu Remaja Teladan (Retel) GMIM pada tahun 2009. Sekembalinya menuntut ilmu dari Universitas Pelita Harapan Tangerang Banten, diusianya yang masih sangat muda Ia telah dipercayakan sebagai Ketua KPRJ GMIM Sion Malalayang dan Ketua KPRW Manado Malalayang pada tahun 2018. Kini pada tahun 2022 tugas pelayanan yang sama kembali diembanya, setelah terpilih kembali menjadi Ketua KPRJ GMIM Sion Malalayang sekaligus Ketua KPRW Manado Malalayang sehingga telah memangku tugas pelayanan selama dua periode secara berturut – turut. Diperiode pelayanan 2022-2027 oleh Pelayan Khusus Wilayah Manado Malalayang, Ia dipercayakan juga sebagai Anggota Sidang Majelis Sinode Tahunan perwakilan Wilayah Manado Malalayang. Pekerjaanya sehari – hari, Kak Riedel aktif sebagai pengusaha muda dengan memangku jabatan sebagai Direktur Utama PT Bangun Minanga Lestari, perusahaan yang bergerak dibidang properti.

PNT. OKSTESI P.K. RUNTU
Kak Stesy atau yang juga akrab disapa Kak Teci lahir pada 27 Oktober 1886. Puteri tercinta dari senior Partai Golkar Stefanus Vreeke Runtu ini sejak usia muda telah aktif dalam berbagai pelayanan GMIM, baik didunia pemuda maupun remaja. Terpilih sebagai Ketua KPRJ GMIM Yesus Memberkati Citraland dan juga sebagai Ketua KPRW Manado Winangun pada 2018 silam membuatnya masuk dalam keanggotaan KPRS dan menduduki posisi sebagai Asisten Bendahara pada pemilihan yang dilangsungkan di Amurang pada 2018. Diperiode ini Kak Teci kembali lagi terpilih sebagai Ketua KPRJ GMIM Yesus Memberkati Citraland sekaligus Ketua KPRW Manado Winangun 2022-2027. Saat ini Ia aktif sebagai legislator muda Kabupaten Minahasa dengan menduduki jabatan sebagai Wakil Ketua DPRD Minahasa. (*red)

Categories: Sulut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s