Ekonomi & Bisnis

Dua Tahun Jual Gorengan, Pria Ini Bisa Beli Mobil MPV

SULUTNEWSTV.com, MANADO – ISTILAH yang mengungkapkan ‘Usaha tidak akan mengkhianati hasil’ rupanya dirasakan oleh pria kelahiran 30 tahun lalu ini. Rasa syukur terlihat jelas di raut wajah pemuda ini. Kerja keras yang dilakukan dari awal Februari 2019 mulai membuahkan hasil.

Selain mampu menopang kehidupan sehari-hari,  juga mampu membeli mobil jenis   Multi Purpose Vehicle (MPV) untuk menunjang kegiatannya.

“Setelah saya pertimbangkan akhirnya saya putuskan untuk membeli mobil. Saya belinya tunai,” ujar pria yang bernama lengkap Marlon Lumangkun (30) sambil tersenyum, saat ditemui beberapa waktu lalu.

Marlon menambahkan  mobil tersebut digunakannya untuk belanja bahan-bahan gorengan, sebab jika menggunakan sepeda motor tidak akan mampu membawa belanjaan.

“Dulu kalau ke pasar  masih menggunakan sepeda motor, tapi setelah beberapa waktu, bahan yang dibeli terus bertambah, makanya dengan adanya mobil, sangat membantu,” katanya.

Sedang untuk ke pasar Berse dilakukannya setiap dua sampai tiga hari sekali, setiap pukul 03.00 Wita.

“Kalau ke pasar saya pagi-pagi sekali. Dengan  menelepon terlebih dahulu apa saja yang akan dibeli, karena sudah menjadi langganan. Jadi, ketika sampai tinggal membayar dan mengambil baragnya,” ungkapnya.

Mantan karyawan swasta ini menceritakan awalnya menjadi penjual gorengan, yaitu  setelah berhenti bekerja, merasa bingung untuk membuka usaha apa, namun setelah dipikir-pikir akhirnya dirinya memutuskan untuk membuka usaha gorengan, karena dirinya suka menikmati gorengan.

Untuk membuat adonan sendiri, awalnya dirinya tidak bisa membuatnya. Namun setelah belajar autodidak melalui google dan youtube, dan mempraktikkannya beberapa kali, untuk kemudian membagikan kepada orang-orang terdekat. Akhirnya ketika rasanya sudah lezat, barulah bersemangat menjual.

Sedangkan untuk lokasi tempat berjualannya, dia memilih di lokasi yang strategis, yaitu Alfamart Malalayang yang terletak di Jalan Trans Sulawesi.

“Apalagi tempatnya dekat dengan perkantoran, rumah sakit dan pemukiman. Jadi memang tempatnya strategis,”  ungkap pria dengan rambut lurus ini.

Sebagai bahan pelengkap untuk menikmati gorengan, dia juga menyediakan dabu-dabu roa, yang diraciknya sendiri. Jenis sambal tersebut dikatakannya sampai saat ini dijaga kualitasnya.

“Untuk dabu-dabu roa saya meraciknya sendiri. Tak kurang, setiap hari saya harus sediakan 2 kilogram cabai rawit dan ikan roa serta bahan lainnya,” katanya.

Dituturkannya dabu-dabu roa meruapakan ciri khas di Manado,  yang wajib disediakan untuk menikmati gorengan.

“Kalau tidak ada dabu-dabu roa, gorengan tidak akan laku dijual,” tuturnya.

Gorengan yang dijualnya antara lain tahu, tempe, ubi goreng, pisang goroho, pisang kipas, bakwan sayur dan bakwan jagung dengan harga Rp 2.000 per picis. Untuk jam Untuk jam bukanya mulai pukul 07.00-21.00,.

Lebih lanjut dia menceritakan awal membuka usaha gorengan, yaitu pada Februari 2019 sampai sekitar delapan bulan setelahnya, mentalnya dalam  usaha memang diuji. saat penjualan sepi, rasa bimbang untuk meneruskan usaha atau beralih terus membayangi. Namun dirinya memiliki keyakinan untuk terus berusaha.

Secara perlahan-lahan penjualannya terus meningkat, hingga hasilnya mulai dirasakan. Tak heran pada pertengahan 2021 dari hasil menjual gorengan bisa membeli kendaraan.

“Selain dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari dan membeli kendaraan, hasilnya saya bisa mengembangkan usaha dengan menyewa tenant kembali di Alfamart Malalayang di Jalan Trans Sulawesi. Tenant tersebut menjual berbagai macam jus buah,” tuturnya.

Mengenai pendapatannya dari hasil gorengan setiap bulannya saat ini pendapatan bersihnya sekitar Rp 10 juta. Setelah dipotong untuk membayar gaji 3 karyawan dan bahan untuk membuat gorengan.

“Untuk modal awalnya secara keseluruhan sekitar Rp 25 juta,” ungkapnya.

Untuk membuka tenant di Alfamart cukup mudah, syaratnya hanya fotokopi KTP, menyetujui perjanjian sewa, foto tenant dan membayar sewa per bulan. Untuk info lanjut bisa menghubungi Yuni 082113541805.(*/gabby)

Categories: Ekonomi & Bisnis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s