Minahasa Selatan

Bupati Wongkar Terima Kunjungan Fakultas Kedokteran Soegijapranata Semarang

Minsel, Sulutnewstv.com – Bupati Minahasa selatan, (Minsel) Frangky Donny Wongkar, SH menerima kunjungan rombongan sivitas fakultas kedokteran Unika Soegijopranata Semarang, Senin, (14/3/22).

Kehadiran mereka untuk audiensi sehubungan dengan rencana program kuliah kerja nyata, (KKN) yang nantinya bakal berlangsung di Minsel.

Dalam audiensi, fakultas kedokteran (FK) Unika Soegipratama Semarang, yang di pimpin langsung dekan fakutas, dr Indra Adi Susianto, Med. SpOG memaparkan tujuan kehadiran mereka kepada Bupati yang saat itu di dampingi sejumlah pejabat.

Dalam pemaparannya, menurut Adi Susianto, salah satu pilar dalam transformasi sistem kesehatan, adalah transformasi SDM kesehatan, dengan meningkatkan kuantitas, distribusi, dan kualitas tenaga kesehatan.

Baginya, saat ini masih banyak masyarakat yang belum bisa mendapatkan akses ke dokter dan pelayanan yang layak dari tenaga kesehatan, terutama yang tinggal di pelosok daerah.

Dan demi mengoptimalkan SDM kesehatan terdistribusi secara adik dan merata maka FK Unika, melalui tridharma pendidikan akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Komunitas (KKN) di Kabupaten Minahasa Selatan.

Apa saja program kerja yang nantinya akan di laksanakan, menurut Adi Susianto, di antaranya membantu Pemkab Minsel di bidang kesehatan. Melalui sumberdaya yang di miliki lewat pelayanan sosial, dengan memanfaatkan herbal untuk medis.

Membantu kapasitas dinas kesehatan, Puskesmas, dalam rangka meningkatkan kinerja dan efektifitas sert dalam upaya peningkatan status kesehatan masyarakat,” tutur Adi Susianto

Sementara sisi lain yang hendak di peroleh dari kegiatan ini, menurut Adi Susianto agar FK Unika Soegijapranata Semarang, memiliki pengalaman belajar terapan yang bagi mereka, ini sangat berharga,” tambah Adi Susianto.

Sedangkan, inti dari kehadiran program KKN komunitas, di jelaskan Adi Susianti, yakni merupakan salah satu komponen dari proses perencanaan karir yang tersedia bagi mahasiswa FK Unika Soegijapranata.

Program ini, dirancang untuk mengintegrasikan mahasiswa, sistem kesehatan, fasilitas pelayanan kesehatan, populasi, dan Perguruan Tinggi dalam kemitraan guna mempersiapkan calon dokter profesional sekaligus memberi pengalaman karir lebih awal kepada mahasiswa. Pengalaman terkait karir dokter di DTPK ini akan meningkatkan tujuan pendidikan sambil berkontribusi pada visi-misi program studi.

Bupati Frangky Donny Wongkar, SH di sela audiensi, menyatakan menyambut dengan suka cita kehadiran FK Unika Soegijapratama di Minsel. untuk melaksanakan Program KKN Komunitas, dengan melihat besarnya kebutuhan tenaga medis di Kabupaten Minahasa Selatan.

Sementara, hadir dan mendampingi Bupati dalam audiensi dengan FK Unika Soegipratama, asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs. Benny V. J. Lumingkewas, Kepala Dinas Kesehatan dr. Erwin Schouten, dan Kabag. Kerja Sama Sekretariat Daerah, Plan O. Yonathan, S.STP.

Rombongan FK. Unika Soegijapranata, Semarang, dr. Fransiska P. Hardimarta, MSi. Med selaku Ka. Program Studi, Perigrinus H. Sebong, MPH (Programer FL-KKN Komunitas), dr. Vania Angeline Bachtiar, Sp.N (Sekretaris Satgas Persiapan KKN).

(Christian Ngau)

Categories: Minahasa Selatan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s