Ekonomi & Bisnis

Bank Indonesia Desiminasi 10 KPJU Unggulan UMKM Sulut

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Bank Indonesia Sulawesi Utara gelar diseminasi hasil kajian Komoditas/Produk/Jenis Usaha (KPJU) Unggulan UMKM Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) 2021 di Ballroom Luwansa Hotel, Kamis (17/3).

Kepala Perwakilan BI Sulut, Arbonas Hutabarat mengatakan hasil kajian diseminasi yang telah disusun diharapkan dapat menjadi referensi bagi berbagai pihak dalam upaya pengembangan UMKM di daerah.

“Hasil penelitian KPJU diharapkan dapat memberikan rekomendasi berupa KPJU Unggulan yang perlu dikembangkan di masing-masing Kabupaten/Kota, peranan perbankan dalam pengembangan KPJU, dan masukan kebijakan dalam rangka pengembangan KPJU Unggulan UMKM di Sulut,” jelasnya.

Melalui Diseminasi Hasil Penelitian KPJU Unggulan UMKM Sulawesi Utara inipun, kata Arbonas, pihaknya berharap dapat memberikan informasi dan rekomendasi kepada Bapak/Ibu terkait KPJU Unggulan yang perlu mendapat prioritas pengembangan.

“Dalam rangka mendukung pembangunan ekonomi daerah, penciptaan lapangan kerja, penyerapan tenaga kerja, dan peningkatan daya saing Sulawesi Utara,” ungkap Arbonas dalam sambutannya.

Kiranya dengan adanya penelitian KPJU ini dapat membantu dalam mengembangkan Komoditas/Produk/Jenis Usaha Unggulan UMKM Provinsi Sulawesi Utara, sehingga dapat mencapai tujuan baik bersama untuk memajukan Sulawesi Utara.

“Seperti pepatah “Sitou Timou Tumou Tou” (Manusia Hidup untuk Memanusiakan Orang Lain), dan dapat mewujudkan Sulawesi Utara yang lebih mandiri dan berdaya guna dalam mendukung perekonomian Sulut melalui semangat “Mapalus” (gotong royong),” bebernya.

Diketahui, penelitian terhadap KPJU Unggulan UMKM Sulut digelar pada tahun 2021 lalu. BI Sulut bekerja sama dengan Berka Semi Strategika telah melakukan penelitian, dan hasilnya terdapat 10 KPJU Unggulan di tingkat Provinsi Sulawesi Utara.

“Antara lain Kopra, Kelapa, Ikan Cakalang, Penjualan Kopra, Ikan Layang/Malalugis, Warung Makan (Nasi Campur), Cengkeh, Jagung, Toko Kelontong, serta Budidaya Ikan Mas,” papar Arbonas.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulut, Ronald Sorongan yang mewakili Gubernur Sulut Olly Dondokambey berharap hasil penelitian ini bisa diaktualisasikan bersama-sama antara Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota dan stakeholder terkait.

“Karena kalau tidak ditopang juga oleh stakeholder terkait seperti perbankan maupun instansi vertikal, maka implementasi dari hasil penelitian ini tidak akan maksimal. Sehingga kami berharap adanya juga topangan permodalan bagi UMKM-UMKM bisa lebih dipermudah,” tandasnya.

Sorongan menyebut terkait masalah perizinan.

“Teristimewa kepada instansi vertikal dari pusat yang ada di Sulut. Sekiranya bisa minimal mereka melakukan sekali dalam sebulan pelayanan izin bersama yang terpusat,” bebernya.

“Agar supaya UMKM yang ingin mengurus izin itu tidak harus repot-repot ke berbagai instansi tersebut, sehingga bisa mengurangi biaya transportasi dan biaya lainnya. Agar supaya [produk mereka pun bisa bersaing dengan nasional, bahkan ke internasional,” ungkap Sorongan.

Untuk diketahui, KPJU Unggulan yang disebutkan dalam hasil penelitian kali ini perlu dikembangkan menjadi competitive advantage dengan mengoptimalkan titik kekuatan yang dimiliki untuk memanfaatkan peluang yang tersedia, serta mengeliminasi titik kritis yang menghambat.

KPJU unggulan Sulut tersebut juga sesuai dengan komoditas ekspor utama Sulut, dimana kinerja ekspor LN Sulut pada triwulan IV 2021 yang membaik terutama ditopang oleh pertumbuhan Ekspor LN minyak nabati yang tumbuh sebesar 99,71% (yoy).

Turut hadir dalam acara ini para kepala-kepala daerah yang ada di Sulut, pihak perbankan, OJK serta peneliti dari Berka Semi Strategika yang memaparkan lebih rinci terkati hasil penelitian KPJU Unggulan UMKM di Sulut tahun 2021.(*/gabby)

Categories: Ekonomi & Bisnis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s