Minahasa

Pangdam XIII Merdeka Minta Prajurit TNI Harus Yang Pertama Melawan Radikalisme Penentang Pancasila

Tondano – Komandan Komando Daerah Militer (Kodam XIII/Merdeka) Mayjen TNI Alfred Denny Tuejeh, kepada seluruh anggota TNI agar menjadi orang yang pertama melawan ajaran ajaran yang bersifat radikalisme yang menentang Pancasila. Hal ini disampaikan Jenderal bintang dua ini saat melakukan kunjungan kerja di Komando Distrik Militer (Kodim) 1302/Minahasa, Kamis, (17/03/22).

Pangdam Tuejeh mengaku, Kabupaten Minahasa yang ia kenal sangat majemuk dan mempunyai rasa toleransi yang tinggi. Tetapi Pangdam mengingatkan agar anggota TNI tidak lengah. Jika mendapat informasi, sampaikan dan tanya kepada pimpinan, jika informasi itu menentang, melawan dengan nilai nilai toleransi yang diwariskan oleh pendahulu kita sampai sekarang, itu berarti melawan Pancasila.

“Dan kita harus menjadi orang yang pertama melawan ajaran ajaran yang bersifat radikal yang menentang Pancasila. Bagi TNI Pancasila itu sudah tidak bisa didiskusikan lagi. Negara ini berdiri sampai sekarang karena Pancasila yang memberikan jaminan kepada semua orang, apapun agamanya untuk bisa hidup berdampingan secara damai,” tegas Pangdam.

Dalam arahannya, Pangdam Tuejeh menyampaikan agar mempertahankan apa yang sudah dilakukan oleh prajurit TNI yang membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19.

“Saya pesankan pada kalian, jangan surut untuk melakukan hal hal yang memang dibutuhkan oleh negara, dibutuhkan oleh rakyatmu. Dari awal kamu masuk prajurit, memang sudah dibentuk untuk itu, sudah diciptakan untuk itu,” ucap Jenderal Bintang Dua ini.

Dilanjutkannya, karena Covid-19 belum selesai, Pangdam meminta untuk membantu pemerintah daerah, dalam hal ini Bupati, Camat, Kepala Desa supaya semua kegiatan untuk pemulihan ekonomi ini berjalan.

“Namun, ingat jangan mentang mentang tentara apa yang sudah di perintahkan, kamu abai, lalai, menggunakan masker, cuci tangan dan menjaga jarak,” ucap Pangdam Tuejeh.

Saat berkunjung di Kodim 1302 Minahasa, Pangdam didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana ibu Cicilia Evie Denny Tuejeh, Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Wirana P. Budi dan Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Mukhlis, disambut Dandim 1302/Minahasa Letkol Inf Ircham Effendi, Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring, MSi, Kapolres Minahasa AKBP. Tommy Bambang Souissa, SIK jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah yang ada di wilayah teritorial yakni Kabupaten Minahasa, Minahasa Selatan, Minahasa Tenggara dan Kota Tomohon. (Christian Tangkere)

Categories: Minahasa, Sulut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s