Minahasa

Kapolres Souissa Terjunkan 100 Anggota Polisi Amankan Demo Mahasiswa di Kantor Bupati Minahasa

Tondano – Kapolres Minahasa AKBP Tommy Bambang Souissa SIK menerjunkan sedikitnya 100 anggota polisi untuk mengamankan aksi demo mahasiswa di depan kantor Bupati Minahasa, Selasa (13/4) siang tadi.

“Saya terjunkan sekitar 100 anggota polisi dalam pengamanan aksi demo mahasiswa tadi. Selain itu, dalam pengamanan saya minta kepada anggota agar selalu humanis dalam menjalankan tugas,” tutur Kapolres kepada wartawan sulutnewstv.com di lokasi demo.

Dalam aksi demo oleh mahasiswa dari unima yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Peduli Rakyat (Gempur), Kapolres Souissa yang terjun langsung berbaur dengan mahasiswa bersama pejabat Pemkab Minahasa, Asisten I Drs. Riviva Maringka didampinginya Asisten II Wenny Talumewo dan Asisten III Vicky Tanor serta Kasat Pol PP Meidy Rengkuan ikut berdiskusi menanggapi tuntutan yang disampaikan oleh mahasiswa.

“Hingga selesai mereka melakukan aksi demo dengan berbagai tuntutannya, aksi demo mahasiswa ini berjalan dengan aman dan damai,” kata Kapolres Souissa yang dikenal akrap dengan wartawan.

Dalam orasi mereka, Gempur menuntut pemerintah menjamin ketersediaan bahan bakar minyak dan menjaga distribusinya. Selain itu, mereka juga menolak kenaikan harga bahan pangan dan meminta pemerintah agar wajib mengontrol pasar.

Menolak kenaikan PPN, menuntut janji Menteri Dalam Negeri mengusut tuntas mafia minyak goreng yang menyebabkan harga naik, agar pemerintah memberikan hak pengelolaan tanah secara penuh kepada warga di Desa Kalasey II sebagai wujud Reforma Agraria.

Selain itu, menuntut Pemerintah Kabupaten Minahasa untuk menyelesaikan permasalahan Kelelondey secepatnya dan berpihak pada para petani. Mereka juga menuntut Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara mencabut Pemberian Hibah Pemrov Sulut kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di tanah Perkebunan Kalasey Il dan mendorong Pemprov Sulut untuk menetapkan Captikus sebagai kearifan lokal lewat Perda legalitas Captikus. (Alfonda Suoth)

Categories: Minahasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s