Manado

Kasi Intel Kasrem Sidak Kendaraan Dinas dari Personel, Ada Apa ???

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Komandan Korem 131/Santiago Brigjen Mukhlis melalui Kepala Seksi Intel Kasrem 131/Santiago Kolonel Inf Bram Pamudia, S.E, melalukan inspeksi dadakan (sidak) kendaraan dinas personel di Lapangan Apel Makorem 131/Santiago, Kamis  (14/4) pagi tadi.

Hal ini gunanya untuk menekan terjadinya angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta menjaga kesiapan kendaraan dinas maupun pribadi yang dimiliki oleh personel.

Adapun pemeriksaan sasaran diantaranya kondisi fisik kendaraan dinas maupun pribadi, baik roda dua maupun roda empat serta kelengkapan surat-surat kendaraan yaitu berupa STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan BPKB (Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor) termasuk dokumen yang harus dimiliki oleh  pengendara atau pengemudi berupa Kartu Tanda Anggota (KTA) dan Surat Izin Mengemudi (SIM), baik SIM dinas maupun SIM umum.

Sebelum pemeriksaan dimulai seluruh personel diberikan edukasi /pengarahan, terkait tata cara berlalu lintas yang  baik dan benar sesuai ketentuan /aturan perundang undangan  berlalulintas yang berlaku oleh Kasi Intel Kasrem 131/Santiago Kolonel Inf Bram Pamudia, S.E, sehingga  diharapkan agar para anggota Korem 131/Santiago dapat memahami dan mengerti serta dapat  melaksanakan segala  ketentuan/aturan  yang sudah diatur dalam UU.

Dalam arahannya Kasi Intel Kasrem 131/Santiago Kolonel Inf Bram Pamudia, S.E, mengatakan bahwa  pemeriksaan ini sengaja dilaksanakan secara tiba tiba atau mendadak, hal ini guna mengetahui terkait kesiapan kelengkapan surat surat kendaraan milik anggota sehingga dapat ditemukan segala kekuranganya.

“Ini juga bertujuan sebagai salah satu bentuk fungsi pengawasan serta pengamanan kepada personil Korem 131/Santiago, dibidang pengamanan  materiil yaitu mulai dari kondisi fisik kendaraan roda empat maupun roda dua yang digunakan oleh seluruh personil Korem baik Kendaraan Dinas maupun pribadi, termasuk didalamnya pengecekan kelengkapan surat- surat kendaraan serta dokumen yang dimiliki oleh pengemudi seperti  SIM Dinas  dan SIM umum serta Kartu Tanda Prajurit (KTP),” jelasnya.

Usai diberikan arahan, selanjutnya personil Denpom XIII/1 Manado langsung  memeriksa kelengkapan surat surat  kendaraan dan kelengkapan pendukung lainya kepada para pengendara atau pengemudi yang  diperiksa satu persatu.

“Selain pemeriksaan surat-surat Kendaraan Bermotor (Ranmor) itu sendiri, juga mengadakan pemeriksaan tentang kelengkapan Fisik  Ranmor roda dua dan roda empat mulai dari fungsi rem, ban, lampu sen, klakson, lampu rem  dan kaca spion,” sebutnya.

Adapun hasil pemeriksaan dari sekian banyak anggota yang dilaksanakan pemeriksaan masih terdapat beberapa anggota yang kelengkapan motornya masih kurang lengkap seperti tidak ada kaca spion, sehingga diperintahkan  kepada para anggota yang masih belum lengkap agar segera melengkapi dan diberi waktu untuk melengkapinya dan akan dicek kembali apabila tidak mengindahkanya akan diberikan sanksi sesuai aturan yang berlaku dilingkungan TNI-AD,  sehingga diharapkan seluruh personel Korem  dalam berlalu lintas dijalan raya aman.

“Hal ini pula dilakukan guna mengantisipasi dan  mencegah terjadinya angka  kecelakaan dalam berlulintas dijalan raya,” Kasi Intel.

Selain itu, Kasi Intel juga menambahkan   bahwa pemeriksaan ini merupakan program yang harus dilaksanakan  dan  pemeriksaan  seperti  ini kita tetap  lakukan secara rutin dan berkala, sehingga dapat diminimalisir setiap permasalahan yang terjadi terkait kasus pelanggaran lalulintas dilingkungan  jajaran Korem.

“Apabila dalam pemeriksaan ini masih  terdapat kekurangan, maka segera para  pengendara/pengemudi   segera melengkapi baik  administrasi maupun dokumen kendaraan serta dapat memperbaiki kendaraan yang masih  mengalami kerusakan, ini merupakan  langkah /upaya satuan dalam mencegah  kerugian personel dan materiil Satuan,” Tuturnya.

Diakhir arahannya Kasi Intel mengucapkan terimakasih kasih kepada anggotanya yang telah melengkapi serta mematuhi aturan dalam berlalu lintas, dengan demikian aktifitas dalam bekerja tidak terpengaruh, serta berharap kalau kalian tidak bisa menunjukkan prestasi, paling tidak jangan membuat pelanggaran sekecil apapun yang dapat merugikan diri sendiri, keluarga terlebih khusus  nama baik satuan Korem 131/Santiago dan pada umumnya TNI – AD Pungkas Kolonel Inf Bram.

Turut hadir mengawasi dalam  pemeriksaan tersebut  Kolonel Inf Aris Windarto (Kasiops Kasrem 131/Stg) dan Kolonel Czi Agung Isa Rakhman ( Kasilog Kasrem 131/Stg).)(*/gabby)

Categories: Manado

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s