Ekonomi & Bisnis

BNI Wilayah 11 Manado Siapkan Uang Tunai Rp2,81 T Hadapi Hari Raya Idul Fitri

SULUTNEWSTV.com, MANADO – PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Wilayah 11 Suluttenggomalut menyiapkan uang tunai dalam menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1443 H sebesar Rp2,81 triliun.

Angka tersebut tersebar di 11 Kantor Cabang BNI sebesar Rp2,16 triliun dan Rp653 miliar disebarkan di 505 unit Mesin ATM untuk memenuhi kebutuhan transaksi yang diperlukan oleh masyarakat selama masa liburan Lebaran.

Pemimpin BNI Wilayah 11, Irwan Eka Putra mengatakan hal ini bertujuan agar BNI tetap dapat memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh masyarakat.

“Dalam memenuhi kebutuhan transaksi maupun perbankan lainnya selama liburan Lebaran, serta memenuhi semua ekspektasi segenap stakeholders serta dapat memaksimalkan Visi BNI sebagai Lembaga Keuangan yang Terunggul dalam Layanan dan Kinerja secara berkelanjutan,” jelas Irwan sembari menambahkan BNI akan memberikan layanan prima dan solusi digital kepada seluruh nasabah selaku Mitra Bisnis pilihan utama.

Diketahui, area kerja Wilayah 11 berada di 4 Propinsi dan 8 Kota serta 36 Kabupaten yang tersebar di Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara (Suluttengomalut).

Lokasi outlet-outlet BNI di Wilayah 11 meliputi 68 persen berada di area pertokoan, 25 persen berada di area perkantoran, dan 8 persen di area perumahan penduduk, sehingga memudahkan nasabah untuk mengakses outlet BNI.

Wakil Pemimpin Wilayah Operasional BNI Wilayah 11 Ferry Sinaga mengatakan bahwa BNI Kantor Wilayah 11 akan melaksanakan layanan Operasional Terbatas untuk memenuhi kebutuhan nasabah dalam bertransaksi pada tanggal 29 April 2022 dan 03 Mei 2022, jam 10.00 s.d. 12.00 Wita di salah satu outlet yaitu KCP Kanaka, beralamat di Jl. Walanda Maramis No. 203 Manado, khusus untuk melayani transaksi Setoran BBM Pertamina.

Selain di KCP Kanaka, kegiatan operasional terbatas ini serentak dilaksanakan secara nasional di 20 outlet di BNI Kantor Wilayah lainnya.

“Layanan Operasional Terbatas juga dilakukan pada tanggal 04 s.d. 06 Mei 2022 pada jam 09.00-14.00 Wita di 11 (sebelas) Kantor Cabang di BNI Wilayah 11. Adapun transaksi yang dapat dilakukan adalah di luar transaksi kliring dan RTGS, antara lain setoran BBM Pertamina, layanan kas terbatas, bank notes, billpayment, pembukaan rekening, pembuatan/penggantian kartu debit, penggantian buku tabungan dan handling complaint,” sebutnya.

Meskipun terdapat libur atau cuti bersama selama Lebaran, BNI tidak akan libur.

“Karena kami menyiapkan outlet khusus dan 505 ATM yang selalu siap beroperasi. Selain itu, nasabah bisa menggunakan layanan BNI mobile banking dengan smartphone. Para Agen 46 juga kami siagakan untuk mendukung berbagai transaksi nasabah di seluruh wilayah Indonesia. Agen 46 siap memenuhi kebutuhan masyarakat yang jauh dari outlet terdekat BNI di seluruh Indonesia. Di Wilayah 11 Manado sendiri terdapat 6.415 Agen 46 yang siap melayani nasabah setia BNI,” tambahnya.

Dirinya pun turut mengimbau kepada masyarakat agar jangan mudah percaya terhadap informasi yang meminta nomor pin ke nasabah jika ada kendala di mesin ATM.

“Kami BNI tidak meminta nomor pin dan keterangan apapun, itu Hoax. Kalau mau dibantu, lebih baik datang ke Kantor untuk menghindari resiko,” imbaunya.

Terkait dengan kinerja bisnis, Faizal Isnaeni selaku Wakil Pemimpin Wilayah Bisnis SME dan Konsumer mengatakan bahwa pada kuartal satu tahun 2022, BNI Kantor Wilayah 11 mempunyai kinerja yang cukup menggembirakan.

“Kredit mengalami pertumbuhan sebesar 4,06 persen dibandingkan posisi Desember 2021. Khusus penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang merupakan kredit program pemerintah dapat  disalurkan sebanyak 1,2 Triliun atau sebesar 101,14 persen dari alokasi yang diberikan ke BNI Wilayah 11,” katanya.

“Pinjaman BNI Kantor Wilayah 11 dibandingkan dengan market share pada tahun 2021 tumbuh 2,25 persen yang merupakan upaya BNI dalam meningkatkan pengembangan UMKM yang ada di Wilayah 11 (Suluttenggomalut). Adapun Dana Pihak Ketiga (DPK) khususnya Tabungan dan Giro mengalami peningkatan sebesar 78,8 persen, dan hal ini sejalan dengan strategi BNI untuk fokus pada peningkatan dana murah,” sambungnya.

BNI sebagai salah satu bank yang menjadi motor penggerak pelaksana keuangan berkelanjutan (Sustainable Finance) atau lebih dikenal sebagai ‘first movers on sustainable banking’ di Indonesia, juga menggalang energi untuk terus berada di garda terdepan penerapan keuangan berkelanjutan.

Hal ini dibuktikan oleh BNI dengan memboyong 23 penghargaan sekaligus di ajang 11th Infobank Digital Brand Award 2022 yang diadakan pada tgl 07 April 2022 di Jakarta. Penghargaan yang diraih BNI antara lain Platinum Trophy Bank Umum Konvensional untuk Corporate Brand (Peringkat 1), Platinum Trophy Kartu Kredit Bank Umum Konvensional (Peringkat 1), Platinum Trophy Kartu Debit Bank Umum Konvensional (Peringkat 1), Golden Trophy KPR Bank Umum Konvensional untuk BNI Griya (Peringkat 1), dan penghargaan lainnya.

Selain itu, pada Jalin CX Summit 2022, BNI meraih penghargaan sebagai The Most Acquirer ATM Business dari PT Jalin Pembayaran Nusantara.(*/gabby)

Categories: Ekonomi & Bisnis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s