Ekonomi & Bisnis

Mei Hingga Juni, BPS Mulai Gelar SP-2020 Lanjutan

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Badan Pusat Statistik secara serentak seluruh Indonesia akan menggelar Sensus Penduduk 2020 lanjutan, pada bulan Mei hingga Juni 2022 nanti.

Khusus di Sulawesi Utara, Kepala BPS Sulut Asim Saputra mengatakan pihaknya tengah siap untuk melakukan pendataan dengan menurunkan kurang lebih 1.200 petugas dilapangan.

“Jadi tujuannya adalah kita ingin mempertajam dan memotret keadaan penduduk yang nanti bisa kita diseminasikan dalam perencanaan pembangunan. Dan itu akan mulai 15 Mei nanti,” ungkap Asim Saputra kepada media usai giat Sosialisasi SP2020 Lanjutan bersama OPD dan Media, di Kantor BPS Sulut, Kamis (21/04). 

Dirinya menyebut, ada sekira 83 pertanyaan yang nanti akan dikompilasi dan diajukan ke masyarakat.

“Dari 83 pertanyaan itu, kita akan coba kompilasi beberapa informasi penting yang terkait data kependudukan di antaranya adalah terkait pendidikan dan karakteristik usia kemudian ada juga penyandang disabilitas juga kita akan potret dan yang lebih utama adalah kita ingin memotret parameter demografi yang nanti jadi tolak ukur,” sebutnya.

Selain itu, BPS juga memotret tingkat kematian bayi, tingkat mortalitas, tingkat fertilitas, tingkat kelahiran.

“Dan yang tidak kalah pentingnya, kita juga akan memotret tingkat kematian ibu yang mungkin nanti bisa menjadi data dasar untuk memperkuat perencanaan yang lebih,” tandasnya.(*/gabby)

Categories: Ekonomi & Bisnis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s