Tomohon

Polres Tomohon Salurkan Bantuan Tunai Pangan Bagi Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLWN)

Tomohon – Dalam membantu masyarakat di masa pandemi Covid – 19, Polres Tomohon dalam menyukseskan program Pemerintah melaksanakan penyaluran bantuan tunai pangan kepada masyarakat yang berada di wilayah hukum Polrea Tomohon, bertempat di Aula Parama Satwika Polres Tomohon, Selasa (10/5/22).

Adapun penyaluran dilaksanakan saat ini untuk masyarakat pelaku usaha pedagang kaki lima dan warung.

Dikesempatan itu, Kapolres Tomohon AKBP Arian Primadanu Colibrito SIK, MH mengatakan Bantuan Tunai Pangan yang disalurkan oleh Polres Tomohon, merupakan program Pemerintah untuk memberikan bantuan kepada masyarakat khususnya pelaku usaha kaki lima dan warung yang ada di wilayah Hukum Polres Tomohon.

“Hari ini kami telah melaksanakan penyaluran bantuan tunai pangan tahap ke Tiga.
Harapan kami semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi pelaku usaha kecil khususnya pedagang kaki lima dan warung, apalagi saat ini di masa pandemi Covid – 19,” ucap Kapolres.

Kapolres menjelaskan pula, dalam proses pelaksanaan penyaluran Bantuan Tunai Pangan (BTP), Polres Tomohon juga membuka “Gerai Vaksin Presisi”, dengan maksud, bagi masyarakat penerima yang belum di vaksin, baik dosis 1, 2 dan booster dapat menerima vaksinasi.

“Dilihat dari animo masyarakat, banyak juga yang mengambil bagian dalam pelaksanaan vaksinasi, tentunya kami sangat senang,” tuturnya.

Beliau menambahkan jika masih ada para pedagang kaki lima dan pemilik warung yang belum pernah menerima bantuan pemerintah agar dapat berkoordinasi dengan personil Bhabinkamtibmas yang ada di Desa/kelurahan masing-masing untuk didatakan sebagai penerima BTP (Bantuan Tunai Pangan).

Dikesempatan itu pula Kasi Keu Polres Tomohon Ipda Rahmat Nur, S.H mewakili Kapolres mengatakan, hari ini sampai besok akan disalurkan Bantuan Tunai Pangan (BTP) kepada 1.450 orang pelaku usaha pedagang kaki lima dan warung
“Hari ini sudah memasuki tahap ke tiga di mana tahap satu sebanyak 200 orang dan tahap dua 500 orang,” tukasnya.

Lanjutnya untuk diketahui, Polres Tomohon mendapat target penyaluran kepada 3.500 orang pelaku usaha pedagang kaki lima dan warung.

Adapun penyaluran dilaksanakan berdasarkan Surat Perintah Pembayaran (SPP) 030405 yang ditandatangani oleh Kapolres Tomohon.

“Penyaluran yang dilakukan saat ini sebesar Rp. 300.000 (tiga ratus ribu rupiah) yang diberikan kepada pelaku usaha pedagang kaki lima dan warung di mana besaran ini untuk pembayaran selama tiga bulan terhitung bulan April, Mei dan Juni dengan rincian setiap bulan Rp. 100.000 (seratus ribu rupiah).

Untuk proses pendaftaran bagi penerima bantuan tunai pangan melalui Bhabinkamtibmas yang mendatakan calon penerima bantuan tunai pangan, selanjutnya data yang ada didaftarkan di Aplikasi Pus Keu Presisi Polri, dan apabila NIK calon penerima terverifikasi dan belum pernah menerima bantuan lainnya dari pemerintah, maka calon penerima akan mendapatkan undangan untuk datang menerima bantuan di Polres Tomohon

Berikut proses tahapan penerimaan bantuan dilakukan, yakni :

  • Yang terverifikasi (pedagang kaki lima dan pemilik warung) menyiapkan KTP dan Undangan
  • Tanda tangan kwitansi berita acara
  • Pembayaran
  • Dokumentasi. (Novita)

Categories: Tomohon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s