Ekonomi & Bisnis

Winter Marbun Kepala OJK SulutGoMalut, Darwisman ke Sulsel

SULUTNEWSTV.com, JAKARTA – Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulut Gorontalo dan Malut (SulutGomalut) resmi dijabat Winter Marbun.
Jabatan Winter tersebut menggantikan posisi Darwisman yang dipercaya sebagai Kepala OJK Regional 6 Sulawesi Maluku Papua di Makassar, Sulawesi Selatan. Sedangkan Darwisman menggantikan Nurdin Subandi.

Sebelum bertugas di Manado, Winter pernah menjabat Kepala OJK NTT dan Plh OJK Papua dan Papua Barat.

Winter menggantikan Darwisman yang bertugas di Manado sejak November 2020 hingga April 2022.

Diketahui, prosesi pelantikan dan serah terima jabatan pemimpin satuan kerja dan pelepasan pegawai purnabakti di lingkungan OJK digelar di kantor pusat OJK di Jakarta, Selasa (10/5).

Bersamaan dengan Darwisman dan Winter, juga dilantik Kepala Kantor OJK Regional 6 Sulawesi Maluku dan Papua dan Kepala OJK Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Kepala OJK Tegal.

Juga dilakukan pelantikan terhadap pejabat satker OJK yang mendapat promosi jabatan serta pelepasan purna tugas pegawai OJK.

Pada kesempatan itu, Kepala Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso yang melantik dan memimpin jalannya serah terima jabatan menyampaikan sejumlah poin penting yang menjadi semangat dan komitmen untuk mendorong OJK semakin maju.

Wimboh menyampaikan optimisme perekonomian di tengah goncangan pandemi Covid-19, namun tetap menunjukkan perkembangan yang signifikan.

“Meski sempat tergoncang karena Covid-19, namun perekonomian tetap tumbuh,” ujarnya sembari menambahkan bahwa di tahun ini juga kondisi akan semakin membaik.

Bahkan ketika terkena dampak perang Rusia dan Ukraina, menurut Wimboh akan masalah yang akan mempengaruhi perekonomian.

“Oleh sebab itu, sangatlah penting bagi jajaran yang baru dilantik untuk melakukan berbagai inovasi dan terobosan demi menjaga stabilitas sektor jasa keuangan,” tambahnya sembari berharap OJK dapat menyumbang ide dan pemikiran serta berkontribusi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah.

Peran OJK, sebut Wimboh, untuk menjadi mitra pemerintah daerah. Khususnya dalam hal mendorong pertumbuhan ekonomi, mengurangi pengangguran dan intermediasi perbankan.

“OJK menjadi tempat bertanya, berdiskusi dan mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah,” katanya.

Dia juga mengingatkan terkait fenomena pasca pandemi. Di mana ekonomi digital menjadi keniscayaan.

“Ide-ide kreatif untuk pemanfaatan digital harus dilakukan,” katanya.

Tantangan OJK di era digital, katanya, adalah menjalankan digitalisasi produk sambil memperhatikan perlindungan konsumen.

“Bagaimana digitalisasi ekonomi di daerah dapat berlangsung, mitigasinya sehingga masyarakat tetap dilindungi,” tukasnya.

Wimboh Santoso memberikan ucapan selamat kepada pejabat yang baru dilantik. Katanya, jabatan itu amanah.

Wimboh sebelumnya, menyampaikan ucapan selamat kepada pejabat yang baru agar bekerja lebih gigih mencari terobosan dan inovasi menyikapi dinamika ekonomi global, regional, nasional dan lokal.

“Fenomena global, pergerakan harga-harga komoditas akan sangat berpengaruh terhadap perekonomian. Ditambah lagi dengan konflik Rusia dan Ukraina yang dipastikan juga berimbas pada ekonomi,” kuncinya.(*/gabby)

Categories: Ekonomi & Bisnis, Nasional

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s