Ekonomi & Bisnis

Beredar Pesan Perubahan Tarif Transaksi BRIMo Rp6500 menjadi Rp150ribu/bulan, BRI : Itu HOAX !!!!

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Pengumuman lewat pesan terkait permintaan persetujuan perubahan daftar tarif transaksi dari Bank BRI Mobile/Internet Banking, dimana dalam pesan disebutkan untuk biaya transaksi lama rp. 6500/pertransaksi di ganti dengan buaya baru Rp. 150.000,00 /perbulan/Autodebet dari reg tabungan, Bank BRI menyatakan bahwa hal itu tidak dibenarkan, atau Hoax!!!.

Diketahui, dalam pesan yang beredar, pengirim meminta persetujuan dan konfirmasi dengan memberikan link http://www.BRItarifnormal.com agar penerima pesan mengisi data dalam link tersebut.

“Waspada dengan pesan chat SMS ataupun WhatsaApp yang mengatasnamakan BRI. Meski tidak baru lagi, namun modus penipuan mengatasnamakan bank ini sudah berhasil menipu banyak orang baik nasabah atau non-nasabah bank yang disebutkan,” ungkap RCEO BRI Manado John Sarjono Kamis(12/5).

Menurutnya, dengan modus ini, penipu biasanya mengaku sebagai karyawan bank yang tujuannya ingin menanyakan data pribadi seperti nomor ktp, rekening, debit sampai kartu kredit dan data pribadi lainnya yang bisa dipakai untuk membobol rekening atau menjual data pribadi secara ilegal.

“Jadi BRI memastikan bahwa hal ini tidak benar,” tegas Sarjono.

Dirinya menguraikan bahwa BRI hanya menggunakan saluran resmi website sebagai media komunikasi yang dapat diakses oleh masyarakat secara luas melalui laman web: http://www.bri.co.id, IG: @bankbri_id, Twitter: bankbri_id, FB: Bank BRI dan Youtube: Bank BRI.

“BRI senantiasa menghimbau nasabah agar lebih berhati-hati serta tidak menginformasikan kerahasiaan data pribadi dan data perbankan kepada orang lain atau pihak yang mengatasnamakan BRI, termasuk memberikan informasi data pribadi maupun data perbankan (nomor rekening, nomor kartu, PIN, user dan password internet banking, OTP, dsb.) melalui tautan atau website dengan sumber tidak resmi dan tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” jelasnya sembari mengimbau kepada seluruh nasabah untuk waspada kepada segala bentuk modus penipuan dan kejahatan perbankan yang dilakukan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab.(*/gabby)

Categories: Ekonomi & Bisnis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s