Ekonomi & Bisnis

Ribuan PPL Mulai Turun Lapangan, Kepala BPS : Kami Minta Dukungan dan Partisipasi Masyarakat Sukseskan SP2020 Lanjutan

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Ribuan para Petugas Pendata Lapangan (PPL) Sensus Penduduk (SP) 2020 lanjutan mulai turun melakukan pemutakhiran data rumah tangga. Pendataan dimulai per tgl 15 Mei 2022 hingga akhir Juni 2022 nanti.

“Lebih dari seribu petugas diturunkan oleh BPS untuk sukseskan SP2020 Lanjutan tahun ini.  BPS meminta dukungan dan partisipasi masyarakat,” ungkap Kepala Badan Pusat Statisik Provinsi Sulut Asim Saputra saat ‘Ngopi Cantik’ bersama Jurnalis di Bumi Beringin Drink & Eatry, Selasa(17/5).

Dikatakannya, untuk mensukseskan kegiatan ini, BPS telah melakukan koordinasi dengan instansi.

“Baik pemerintah, ke media hingga keagamaan. Seperti halnya yang kami sudah lakukan audiensi dengan Ketua BPMS GMIM, untuk membantu kami, dalam hal penyampaian ke gereja-gereja GMIM,” tuturnya.

Surat edaran SP2020 Lanjutan, lanjutnya akan segera dikeluarkan dan akan dibagikan hingga ke tingkat desa.

“Memang, pengalaman kami dilapangan, kami masih menemui adanya kendala yang dihadapi petugas sensus. Antara lain karakter penduduk yang cenderung tertutup dan kadang tidak mau membukakan pintu bagi para petugas. Sehingga para petugas kesulitan mendapatkan data yang baik. Karena mungkin masih Covid,” urainya.

Dirinya pun menekankan, data yang dihasilkan dari SP2020 Lanjutan ini sangat penting untuk perumusan kebijakan dari tingkat pusat.

“Karena semua kebijakan yang keluar baik penyusunan anggaran kesehatan, pendidikan hingga bantuan lainnya basis datanya dari penduduk. Sehingga SP ini sangat penting untuk meningkatkan demografi.  Jika demografi tinggi, pertumbuhan ekonomi pun bisa maju,” tandasnya.

Dirinya menjelaskan, BPS saat ini sedang membangun ejudgement dengan masyarakat.

“Dimana kami melakukan pendekatan persuasif agar masyarakat nyaman mengikuti oroses sensusn. Dan sensus untuk perincian data akan dimulai 1 juni hingga akhir juni. Petugas butuh waktu 1 jam untuk setiap KK. Dengan pertanyaan yang rinci. Sehingga saya berharap semua penduduk bisa memberikan jawaban yang baik dan benar,” harapnya sembari menambahkan 15 Mei kemarin, petugas SP sudah mulai melakukan pemuktahiran data, dengan mengunjungi beberapa kawasan penduduk. Diantaranya, CitraLand, GPI dan kawasan penduduk lainnya.(*/gabby)

Categories: Ekonomi & Bisnis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s