Minahasa

Wow! Calon Kumtua Ini Bakal Bebaskan Pajak Bagi Seluruh Warga Desa

Minahasa – Pemilihan Hukum Tua (Kumtua) di Kabupaten Minahasa sudah memasuki masa kampanye dengan penyampaian visi misi dari calon Kumtua. Dari pantauan wartawan media ini, penyampaian visi misi calon Kumtua di Desa Kapataran, Rabu (25/5) berlangsung dengan baik.

Dari 4 calon yang menyampaikan visi misi dengan berbagai program, ada salah satu calon yang  menyampaikan program unggulan yang menggemparkan. Bagaimana tidak, calon ini menjanjikan pembebasan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) bagi seluruh warga Kapataran.

“Semua Masyarakat akan dibebaskan dari iuran pajak bumi dan bangunan (PBB) setiap tahun selama masa jabatan 2022-2028. Pembayaran iuran pajak akan menggunakan dana pribadi. Setiap tahun setelah pembayaran PPB, pemerintah akan membagikan bukti setoran kepada masyarakat,” ungkap Youbert Melky Hermanus Calon Kumtua dengan nomor urut 1 saat menyampaikan Visi Misi.

Youbert Melky Hermanus Calon Kumtua dengan nomor urut 1 saat menyampaikan Visi Misi

Tidak hanya pembebasan PBB bagi seluruh warga, tapi Calon Kumtua yang sering di panggil Berti ini akan memberikan dana duka kepada keluarga yang mengalami kedukaan. “Saya akan memberikan santunan duka secara pribadi bagi warga yang berduka sebesar Rp. 750.000, di luar dari bantuan pemerintah desa,” tuturnya.

Selain itu, Hermanus juga menawarkan pengadaan air bersih yang sangat diperlukan warga Kapataran. “Saya akan menyediakan sarana air bersih dengan cara pengeboran sumur di beberapa titik mata air dengan biaya yang akan ditanggung secara pribadi oleh saya. Sebagai contoh, saya sudah melakukan pengeboran pada satu titik mata air di halaman rumah orang tua saya yang akan digunakan masyarakat sekitar. Tidak akan ada beban iuran untuk penggunaan air bersih yang dimaksudkan,” jelas Suami tercinta dari Sefrin Ratumbuysang.

Ayah tercinta dari Ininda, Kimberly, Matthew dan Soey juga menjanjikan pemberian bantuan pendidikan kepada warga yang akan memasuki kuliah di Universitas.

“Saya akan memberikan bantuan kepada setiap masyarakat Desa Kapataran yang akan melanjutkan studi di tingkat Universitas atau yang akan kuliah sebesar Rp. 1.000.000 setiap orang dengan melengkapi persyaratan yang berlaku,” kata Berti yang terus mendapat dukungan dari seluruh keluarga termasuk keponakan yang sukses sebagai artis sinetron dunia terbalik Felicy Angelista anak terkasih Novita  Ratumbuysang.

Youbert Melky Hermanus bersama dengan istri dan anak anak tercinta

Terkait akan pembebasan PBB seluruh warga Kapataran oleh Calon Kumtua Youbert Hermanus, kepada wartawan media ini Jeffry Pangemanan, S.Sos menjelaskan bahwa, semua calon berhak untuk menawarkan program. “Tadi waktu penyampaian visi misi saya sempat mempertanyakan terkait hal ini, menurut saya tidak masalah, yang jelas calon tersebut bisa mempertanggung jawabkan program yang disampaikan kepada masyarakat,” jelas Pangemanan yang saat itu menjadi Panelis.

Berikut ini Visi Misi dan program kerja dari Youbert Melky Hermanus, Calon Hukum Tua Desa Kapataran Nomor Urut Satu  periode 2022-2028.

VISI : Dengan semangat mesawang-sawangan, maesa-esaan, matombo-tombolan, untuk    mewujudkan Desa Kapataran yang lebih maju dan mensejahterakan rakyat.

MISI :
1. Mewujudkan pemerintahan Desa Kapataran yang  prima dan pro rakyat.
2. Pengelolaan keuangan Desa yang transparan serta pembangunan infrastruktur yang memadai dan berkualitas.
3. Membangun kualitas sumber daya manusia demi pembangunan Desa dengan cara pemerintah dan masyarakat bersama-sama lebih aktif dalam kemajuan ekonomi Desa, terutama di bidang pertanian, olahraga, ketersediaan air bersih demi kesejahteraan masyarakat.
4. Menggali semua potensi yang ada di desa demi kepentingan masyarakat Desa Kapataran
5. Pemerintah Desa akan konsisten dalam pembayaran/pembagian bantuan-bantuan dari pemerintah yang menjadi hak masyarakat.

Youbert Melky Hermanus bersama dengan keluarga dan sebagian pendukung

PROGRAM KERJA :
 BIDANG PEMERINTAHAN
1. Pemerintah Desa akan transparan dalam pengelolaan keuangan agar tumbuhnya kepercayaan masyarakat kepada Pemerintah Desa dalam bidang keuangan
 Tujuannya agar masyarakat dapat belajar dan ikut terlibat didalamnya serta masyarakat dapat melihat dan memahami pengelolaan anggaran Desa yang semuanya akan tercantum dalam website Desa.
2. Pemerintah Desa akan meningkatkan pelayanan publik dan keterbukaan informasi yang bisa diakses  melalui internet Desa
 Pemerintah Desa akan membuat website dan semua informasi terkait Desa dapat di akses oleh masyarakat, (akan ada operator yang menguasai bidang Teknik Informatika).
3. Pemerintah Desa Akan bersinergi dengan BPD sebagai mitra sejajar dan akan turun langsung untuk bertemu dan berdiskusi dengan masyarakat agar tercipta hubungan yang baik dengan masyarakat untuk menampung semua keluhan dan aspirasi masyarakat
 Setiap awal bulan, BPD berkoordinasi dengan tiap jaga. Di akhir bulan BPD berkoordinasi dengan Pemerintah Desa tentang aspirasi dari tiap Jaga.
4. Masyarakat Desa Kapataran dibebaskan dari pajak bumi dan bangunan (PBB) selama masa menjabat Hukum Tua.
 Pembayaran pajak akan menggunakan dana pribadi.

 BIDANG PEMBANGUNAN
1. Memaksimalkan kerja sama Perangkat Desa, Badan Permusyawaratan Desa serta unsur Kepemudaan dan Kelompok PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) dalam pembangunan Desa
 Dalam hal pembangunan di dalam desa, pemerintah akan melibatkan semua unsur masyarakat dalam penyusunan program pembangunan sampai pada pengambilan keputusan akan hal-hal yang akan dibangun
2. Mewujudkan Desa bebas sampah dengan pengadaan bank sampah di Desa
3. Mewujudkan kawasan penyangga pariwisata yang tertata.
 Mendatangkan investor dalam pengembangan pariwisata di daerah pantai dan sekitarnya untuk menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat.

 BIDANG KEMASYARAKATAN
1. Pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan sumber daya alam
 Sebagai langkah awal, pemerintah akan giat melaksanakan pelatihan-pelatihan/seminar tentang pengelolaan serta pendistribusian hasil alam di Desa Kapataran
 BUMDES akan menjadi sarana pendukung dalam proses distribusi hasil alam di Desa Kapataran
2. Pemerintah Desa akan hadir memberikan peningkatan permodalan melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDES)
 BUMDES akan difungsikan sebagaimana mestinya dan akan menjadi wadah masyarakat dalam menjalankan usaha di dalam Desa
3. Mengangkat kembali budaya gotong royong (Mapalus, Ba Kobong dan Tari Maengket)
4. Program “Yang Muda Yang Berkarya” (Pengembangan minat dan bakat yang ada di Desa untuk masyarakat, di bawah pembinaan Karang Taruna Desa)
 Menghidupkan kembali Karang Taruna di Desa Kapataran dan akan menjadi wadah muda mudi Kapataran dalam berorganisasi.

Youbert Melky Hermanus bersama seluruh calon Kumtua, Panelis dan Panitia Pilhut

Selain Visi, Misi, adapun janji program kepada Masyarakat Desa Kapataran:

1. Saya akan menyediakan sarana air bersih dengan cara pengeboran sumur di beberapa titik mata air dengan biaya yang akan ditanggung secara pribadi oleh saya. (Sebagai contoh, saya sudah melakukan pengeboran pada satu titik mata air di halaman rumah orang tua saya yang akan digunakan masyarakat sekitar). Tidak akan ada beban iuran untuk penggunaan air bersih yang dimaksudkan.

2. Semua Masyarakat akan dibebaskan dari iuran pajak bumi dan bangunan (PBB) setiap tahun selama masa jabatan 2022-2028. Pembayaran iuran pajak akan menggunakan dana pribadi. Setiap tahun setelah pembayaran PPB, pemerintah akan membagikan bukti setoran kepada masyarakat.

3. Saya akan memberikan santunan duka secara pribadi bagi warga yang berduka sebesar Rp. 750.000, di luar dari bantuan pemerintah desa.

4. Saya akan memberikan bantuan kepada setiap masyarakat Desa Kapataran yang akan melanjutkan studi di tingkat Universitas atau yang akan kuliah sebesar Rp. 1.000.000 setiap orang dengan melengkapi persyaratan yang berlaku.

“Saya mohon topangan doa dan dukungan suara kepada seluruh masyarakat Desa Kapataran untuk torang sama-sama satukan hati berjuang untuk menangkan kesejahteraan masyarakat Desa Kapataran yang torang sama-sama cintai.
Kiranya doa dan harapan kita semua dijawab dan diberkati oleh Tuhan Yesus Kristus.
PAKATUAN WO PAKALAWIREN KITA NUWAYA.
TERIMA KASIH, TUHAN MEMBERKATI TORANG SAMUA,” tutup Hermanus. (Christian Tangkere)

Categories: Minahasa

Tagged as: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s