Ekonomi & Bisnis

BI Bekali Jurnalis Ekonomi Lewat Media Gathering, Belajar Makro Ekonomi, Fungsi Media Dalam Perspektif Publik dan Teknik Fotografi

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulut Arbonas Hutabarat mengatakan pentingnya komunikasi dalam wadah Bank Indonesia.

Apa sebab? Menurut Arbonas, dengan Komunikasi, kebijakan-kebijakan yang yang buat oleh BI dapat tersampaikan dengan baik ke masyarakat pada umumnya.

Untuk itulah, BI mengadakan Gathering Wartawan BI Tahun 2022 yang melibatkan sejumlah media, baik media online, cetak, TV juga radio.

“Jadi tujuan dilakukannya Gathering Wartawan ini adalah untuk bisa mengkomunikasikan apapun, serumit apapun. Maka perlu pemahaman terhadap substansi dalam rangka pemahaman terhadap substansi. Maka BI melakukan media gathering yang mana di dalamnya itu ada pelatihan mengenai substansi ke bank sentraland dan hal-hal yang lain yang menjadi tugas bank Indonesia,” kata Arbonas Hutabarat saat membuka giat di Casabaio,Likupang, Jumat(10/6).

Kegiatan yang dilakukan kurang lebih 3 hari ini, lanjutnya adalah gunanya untuk lebih mendekatkan jarak, jangan sampai ada gap antara kebijakan dan bagaimana mengkomunikasikan kebijakan.

“Oleh karena itu kami pada hari ini memberikan pelatihan apa itu Bank Indonesia. Apa itu kebijakan-kebijakannya kemudian getaran isu ataupun isu terkini daripada yang ada di Bank Indonesia,” sebutnya.

“Supaya bagi teman-teman yang sudah mengikuti pelatihan ini tidak terjadi yang namanya miss komunikasi ataupun salah,” sambungnya.

Dirinya juga menambahkan pentingnya untuk menyampaikan informasi berita, dengan didukung data yang benar dan terkonfirmasi sebelumnya.

“Jadi itulah tujuan pelatihan-pelatihan seperti begini. Sekaligus juga ini merupakan refreshman atau penyegaran kembali mengenai apa itu Bank sentral tadi dan kebijakan-kebijakan utamanya,” tandasnya.

Adapun, selama pelatihan, jurnalis dibekali oleh Pembicara Deputi kepala perwakilan, devisi perumusan dan implementasi KEKDA Fernando R.Butarbutar terkait Overview Kebijakan BI. Dan juga oleh Pembicara dari Wartawan Senior Kompas Pieter Gero terkait fungsi media dalam perspektif publik dan Teknik Dasar Fotografi oleh Stenly Potolawokang Fotografer NatGeoIndonesia.(*/gabby)

Categories: Ekonomi & Bisnis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s