Ekonomi & Bisnis

Dorong Pengurangan Sampah Laut, Elnusa Petrofin Luncurkan Program CSR ASIAP di Amurang

SULUTNEWSTV.com, MINSEL – Sebagai upaya dalam mengatasi masalah lingkungan khususnya sampah laut, PT Elnusa Petrofin Anak Usaha PT Elnusa Tbk (ELSA) melalui Petrofin Peduli luncurkan program Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) ASIAP.

Peluncuran Program ASIAP yang merupakan akronim dari Armada Transportasi Sampah Desa Sapa Raya ini dilaksanakan pada Jumat (10/06) Siang.

Peluncuran program ASIAP ini dilaksanakan di unit operasi Elnusa Petrofin Depot LPG Amurang, Minahasa Selatan dan dihadiri langsung oleh Direktur Operasional & Marketing PT Elnusa Petrofin, Bapak Nur Kholis.

Selain itu, peluncuran ini juga dihadiri oleh Direktur Pengembangan Usaha PT Elnusa Tbk, Ibu Ratih Esti Prihatini, Direkur SDM & Umum PT Elnusa Tbk, Tenny Elfrida, Serta Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Minahasa Selatan, Ibu Dorkas Singkala, ST., Camat Tenga Petrus Ulaan, Kepala Desa Sapa, Kepala Desa Sapa Barat, dan Kepala Desa Sapa Timur.

Nur Kholis dalam sambutannya menyampaikan bahwa Progam ASIAP menjadi salah satu program tanggungjawab sosial dan lingkungan Elnusa Petrofin yang memberikan solusi tepat guna kepada masyarakat dalam mengatasi sampah di laut.

“Berbasis partisipasi masyarakat yang dikembangkan perusahaan bagi desa di wilayah Ring 1 unit operasi Depot LPG Amurang. Dengan menyediakan sarana dan prasarana pendukung, sehingga dapat mendukung upaya pemerintah dalam upaya mencegah terjadinya pencemaran sampah kembali di lingkungan,” Ujar Nur Kholis.

Dalam kegiatan ini, puncak peluncuran ASIAP ditandai dengan penyerahan satu unit motor operasional kapasitas 300 L untuk pengangkutan sampah.

Dilanjutkan dengan pemasangan baju seragam kepada Kelompok Penggerak Sampah Desa Sapa Raya yang telah dibentuk sebelumnya.
Dimana seluruh kegiatan ini berdasarkan hasil dari pemetaan sosial yang dilakukan pada tahun 2021.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Minahasa Selatan, Ibu Dorkas Singkala, ST. turut menyampaikan bahwa pihaknya bangga dan berterima kasih atas inisiatif ini dan semoga program ini tidak hanya sampai seremonial.

“Namun terus berkelanjutan. Harapan kami selaku pemerintah, kontribusi Elnusa Petrofin menjadi tolak ukur kemajuan Minahasa Selatan. Dimana program ini sekaligus berguna untuk meningkatkan kesadaran kita akan perubahan iklim yang membutuhkan dukungan dan keterlibatan semua pihak secara konstruktif khususnya dalam pengelolan sampah,” harapnya.

Program ASIAP ini berdampak terhadap 2.907 Orang  yang merupakan penduduk di 3 desa ring 1 Depot LPG Amurang. Dan diproyeksikan dapat mengurangi sampah laut hingga 7,2 Ton per bulan.

Yang tentunya kegiatan ini juga melibatkan partisipasi masyarakat melalui pembentukan kepada Kelompok Penggerak Sampah Desa Sapa Raya.

Rita J.J Pangkey selaku Hukum Tua Desa Sapa pun mengucapkan Terima kasih dan berharap semoga program CSR ASIAP ini membawa dampak yang signifikan bagi kebersihan lingkungan di wilayah Desa Sapa Raya.

Senada dengan hal tersebut, Petrus Ulaan selaku Camat Tenga mengatakan semoga inisiatif mulia dari Elnusa Petrofin dapat menggerakkan dan diikuti pelaku usaha dan industri.

“Khususnya di Kecamatan Tenga, Minahasa Selatan serta turut mendorong perubahan perilaku masyarakat untuk mewujudkan lingkungan yang resik dan bertanggung jawab kepada lingkungan, khususnya kecamatan tenga,” tambah Petrus.

Kedepannya,  masyarakat yang termasuk dalam Kelompok Penggerak Sampah Desa Sapa Raya akan mendapatkan pelatihan lebih lanjut khususnya pemilahan sampah skala desa dan pembentukan bank sampah.

Sehingga dapat mengurangi perilaku dari masyarakat yang masih melakukan pembuangan sampah menggunakan perahu ke tengah laut.(*/gabby)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s