Minahasa

Sekda Frits Muntu Buka Latsar Bagi 191 CPNS Minahasa

Tondano – Pemkab Minahasa menggelar Pelatihan Dasar (Latsar). Sebanyak 191 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) golongan II dan Golongan III formasi Tahun 2020 Pemkab Minahasa resmi mengikuti pelatihan dasar (Latsar).

Upacara Latsar dibuka oleh Bupati Minahasa diwakili Sekertaris Daerah (Sekda), Frits Muntu, didampingi Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Propinsi Roy Tumiwa dan Kepala BKPSDM Minahasa, Drs Moudy Pangerapan di Lapangan Badan Diklat Propinsi, Senin (20/06).

Para calon aperatur negara ini nantinya akan digembleng selama kurang lebih 3 bulan dengan berbagai materi.

Kepala BPSDM Propinsi Roy Tumiwa mengatakan,kegiatan Latsarn Ini merupakan kerja sama Pemkab Minahasa melalui BKPSD dan Badan Diklat Propinsi untuk memenuhi persuaeayan CPNS menjadi ASN. “Ditempat ini mereka akan dibina untuk membentuk karakter sehingga mereka bisa menjadi ASN yang profesional yang nantinya menjadi trand center dalam tugas tugas pemerintahan. Kami sangat mengapresiasi kepada pemda Minahasa yang sudah bekerja sama dengan Propinsi untuk tugas pengembangan pelatihan dasar calon pegawai negeri Sipil,”ucap Tumiwa.

Sementara itu, Sekda Frits Muntu berpesan agar peserta Latsar bisa mengikuti pelatihan dengan baik.

“Atas nama Bupati dan Wakil Bupati sangat berharap agar 191 orang peserta digembleng di badan Diklat bisa mengikuti aturan latsar dan bisa lulus semua. Pak bupati dan wakil bupati berharap pertama agar peserta menerapkan berbagai ilmu yang didapat selama mengikuti pendidikan. Karena apa yang didapat merupakan bekas awal untuk menjadi ASN yang profesional. Kedua, laksanakan dengan sunguh sunguh apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab selama mengikuti pendidikan. Agar nantinya mampu menjadi aperatur yang mempunyai etos kerja tinggi.
Ketiga pak bupati dan wakil bupati berpesan meningkatkan kemauan, kompetensi, kapasitas dengan bekas pengetahuan yang didapat selama latsar, “demikian Sekda.

Sementara itu, sebagaimana laporan Kepala BKPSDM Minahasa, Moudy Penyerapan, bahwa peserta larsar diikuti 191 orang dalam lima angkatan terdiri dari golongan dua 40 orang. Golongan tiga 149 orang. “Waktu pelaksanaan selama 51 hari terbagi 18 hari kerja pembelajaran kasikal. Selama 30 hari pembelanaran non kasikal dan 3 bari evaluasi.Pelaksanana larsar hingga 13 Agustus 2022,” ujar Moudy.

Menurutnya, tujuan Latsar CPNS tersebut, kata dia, untuk mengembangkan kompetensi yang dilakukan secara integritas dan profesional untuk pembentukan wawasan kebangsaan, pembentukan kepribadian, dan etika pegawai negeri sipil, memahami pengetahuan dasar tentang sistim penyelenggaraan pemerintahan negara, memahami bidang tugas, budidaya organisasi serta mampu melaksanakan tugas serta berperan sebagai pelayan masyarakat. (CT)

Categories: Minahasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s