Tomohon

Polres Tomohon Gelar Press Conference Terkait Penangkapan Pelaku Curanmor

Tomohon – Kepolisian Resort Tomohon melaksanakan press conference tentang penangkapan terhadap terduga pelaku pencurian kendaraan bermotor jenis roda dua.
Bertempat di loby Polres Tomohon Selasa (28/6/22).

Press conference ini dilaksanakan oleh Kasie Humas AKP Hanny Goni SPd, didampingi Kasat Reskrim AKP Denny Tampenawas S.Sos.

Atas laporan Polisi nomor : LP / 294 / VI / 2022 / Sulut / SPKT / Res-Tomohon pada tanggal 21 Juni 2022, tentang kejadian yang menimpa korban atas nama M. Ali Ubaidillah 31 Tahun, warga Kelurahan Kakaskasen tiga, Kecamatan Tomohon utara kehilangan sepeda motor miliknya.
Awal kejadian saat pelapor M.Ali akan beristirahat memarkir kendaraan sepeda motor di dalam warung miliknya, selanjutnya pada pukul 07.00 pagi saat pelapor hendak pergi ke kantor Rindam XII Merdeka untuk melaksanakan apel pagi, saat itu pelapor melihat motor yang di parkir di dalam warung sudah tidak ada dan pada saat itu pelapor mengira sepeda motor tersebut dibawah oleh adiknya, namun setelah kembali dari kantor Rindam XII Merdeka sekitar pukul 09.00 wita pelapor diberitahukan oleh istrinya bahwa sepeda motor tersebut tidak di bawah oleh adik dari pelapor.

Menyadari sepeda moyornya telah hilang, pelapor mencari tahu keberadaan sepeda motor tersebut namun sudah tidak tahu lagi keberadaannya, dan atas peristiwa tersebut pelapor mengalami kerugian sebesar Rp. 15.000.000 (lima belas juta rupiah) dan langsung melaporkan ke Polres Tomohon

Atas laporan tersebut Team URC Totosik segera melakukan Pengembangan dan penyelidikan.
Pada Minggu 26 Juni 2022 Team mengecek CCTV di Seputaran TKP dan berhasil menemukan ciri-ciri dan Identitas terduga pelaku dan setelah mengetahui ciri-ciri dan Identitas dari terduga pelaku, Team URC Totosik melakukan pelacakan Keberadaan nomor Handphone yang di gunakan terduga pelaku atas nama Michael 27 Tahun warga Watudambo Kecamatan Kauditan, dan hasil pelacakan menunjukan Nomor Handphone yang digunakan terduga Pelaku Berada di Desa Watudambo Kec. Kauditan Kab. Minahasa Utara.
Selanjutnya pada hari Senin 27 Juni 2022 sekira pukul 02.00 Wita Team menuju ke Desa Watudambo Kec. Kauditan Kab Minut, namun saat tiba di Desa Watudambo Team mendapat informasi terduga Michael telah kembali ke kelurahan Kakaskasen. Dari informasi tersebut Team langsung kembali Ke Kelurahan dan Saat tiba di Team berhasil menemukan keberadaan Pelaku di salah satu Rumah Kost. Pada pukul 04.00 Wita Team URC Totosik berhasil mengamankan Michael bersama satu rekanya berinisial Aldy warga Kelurahan Kakaskasen Kecamatan Tomohon Utara yang membantu aksi pencurian tersebut.

Setelah di interogasi Michael mengakui jika dirinya telah mencuri Kendaraan R2 Jenis Yamaha Lexi DB 3269 CS, namun Team tidak menemukan barang bukti hasil curian, selanjutnya Team URC Totosik kembali melakukan pengembangan mencari barang bukti kendaraan R2 yang telah di jual Aldy di Manado

Dari hasil pengembangan dan upaya yang dilakukan, akhirnya barang bukti R2 berhasil ditemukan, di mana sebelumnya barang bukti sempat berpindah tempat dari Manado ke wilayah Minsel.
Dari hasil penyelidikan, barang bukti di jual seharga Rp. 2.000.000 (dua juta rupiah) dan di bagi dua dimana terduga pelaku MM alias Michael Rp. 1.400.000 (Satu juta empat ratus) dan terduga pelaku AR alias Aldy Rp. 600.000 (enam ratus ribu rupiah).

Diketahui pelaku MM alias Michael merupakan Residivis Kasus 362 Kendaraan R2 Jenis Honda Beat pada Tahun 2020 di Minahasa Utara dan sempat menjalani masa Tahanan 1 Tahun Kurungan di lembaga pemasyarakatan
Saat ini kedua pelaku telah diamankan di Mapolres Tomohon.

Dikesempatan itu Kasat Reskrim memberikan himbauan kepada para pemilik kendaraan agar memarkir kendaraannya di tempat yang aman dan jangan lupa untuk perhatikan keamanan kendaraan agar tidak mudah di curi oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab apalagi saat malam har

Categories: Tomohon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s