Ekonomi & Bisnis

Terima Semua Aduan, BSG Janji Ganti Full Kerugian Nasabah Yang Kena Skimming

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Setelah menerima semua aduan dari para nasabah, yang secara langsung menjadi korban tindak kejahatan perbankan atau disebut skimming, PT Bank Sulawesi Utara dan Gorontalo (BSG) pun berkomitmen untuk secara full mengganti kerugian nasabah yang terbukti uangnya hilang.

“Jadi kami telah menerima pengaduan dari beberapa nasabah melalui channel kami ataupun secara langsung lewat CS kami. Dimana dalam pengaduan tersebut nasabah merasa ada suatu transaksi yang tidak dilakukan oleh nasabah, tetapi saldo rekening daripada nasabah tersebut telah berkurang. Nah, berdasarkan laporan maka BSG telah mengambil sikap untuk mengatasi pengaduan tersebut,” urai Direktur Utama Bank SulutGo Revino Pepah, Senin(4/7/22).

Pepah bilang, BSG telah melakukan investigasi atas kemungkinan penyebab ketidaknyamanan tersebut.

“Dalam temuan, kejadian ini merupakan tindak kejahatan perbankan yang disebut dengan skimming. Dan perlu saya jelaskan bahwa skimming merupakan tindak kejahatan berupa pencurian informasi PIN ATM. Dimana rekening nasabah dibobol dengan cara dilakukan duplikasi pada pin dengan cara memasang suatu alat yang disebut sebagai skimmer di dalam mesin ATM ataupun memasang kamera di dalam mesin ATM oleh penjahat tersebut. Dan ini bukan hal baru di dalam dunia perbankan tetapi ini hampir menimpa seluruh perbankan di seluruh Indonesia,” lagi jelasnya.

Ketika tahu BSG kena dalam kejahatan skimming ini, lanjut Pepah, pihaknya telaaj mengambil serangkaian langkah preventif, mitigasi.

“Kami langsung segera mengamankan data nasabah. Serta kami mengganti kerugian yang dialami oleh para nasabah yang telah terbukti menjadi korban kejahatan tersebut,” tegasnya.

Dirinya pun berharap, agar nasabah BSG dapat bijak dan tidak mudah terfokus dengan isu yang beredar dan tidak jelas.

“Kami juga perlu mengingatkan kepada nasabah untuk mengganti secara rutin PIN di kartu ATM. Agar menghindari jenis kejahatan seperti yang baru kejadian ini,” harapnya.

“Kami berkomitmen untuk tetap meningkatkan keamanan kartu ATM nasabah dan kami akan lebih memperhatikan pengamanan di dalam sistem informasi BSG dan sekali lagi saya menyatakan bahwa untuk kerugian nasabah yang disebabkan oleh skimming ini yang merupakan bukan kesalahan dari para nasabah,” sambungnya sembari memohon maaf atas ketidaknyamanan yang telah menimpa nasabah setia BSG.

Dirinya juga turut mengimbau agar nasabah untuk tetap waspada dan tidak lalai menggunakan kartu ATM.

“Apabila ada yang mencurigakan segera melapor melalui call center atau kantor cabang Bank sulut go terdekat. Dan teruslah mempercayai transaksi perbankan Anda kepada BSG. Kami akan berkomitmen dengan memberikan keyakinan bahwa BSG dapat dipercaya, bertumbuh, membangun Sulawesi Utara dan Gorontalo,” tutupnya.(*/gabby)

Categories: Ekonomi & Bisnis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s