Manado

Bahas Poin-Poin Penting, Wali Kota AA Gelar Rapat Teknis Dengan BPTD Wilayah XXII Sulut

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Wali Kota Manado Andrei Angouw melakukan rapat teknis dengan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) wilayah XXII Provinsi Sulawesi Utara di Ruang Kerjanya, Senin(11/7/2022). Ada beberapa poin penting yang dibahas.

Diantaranya, terkait dukungan Transportasi Darat Dalam Rangka Percepatan Pembangunan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Perioritas Manado-Bitung-Likupang di Wilayah Kota Manado 2022-2024. Ada juga soal Transportasi Darat di Kota Manado.

Secara garis besar Kepala Balai memaparkan soal; pengembangan  angkutan umum pariwisata berjadwal kebeberapa destinasi wisata, revitalisasi terminal A Malalayang tambah fasilitas intehmgrasi Park and Ride dan Sky Bridge ke Pantai Malalayan, soal pemasangan beberapa Traffic Light di Kota Manado.

Hal lain yang dibicarakan adalah Program Konektivitas dan Aksebilitas Transportasi  Sungai Danau dan Penyeberangan (SDP) yakni pembangunan dermaga penyeberangan pulau siladen, peningkatan dermaga penyeberangan Bunaken, peningkatan Dermaga Penyeberangan Megamas, Peningkatan Pelabuhan Penyeberangan Pulau Manado Tua, Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP) di Alur Pelayaran KSPN Manado-Bunaken dan Bus/Truck Air di Wilayah KSPN Manado.

Dalam kaitan ini ikut dibahas soal kewenangan pengelolaan, kajian teknis dan pembiayaan yang diusulkan ke kemenhub, penggunaan anggaran di APBD, penyediaan lahan dan Hibah oleh Pemkot Manado, konektivitas antar pulau dan lain-lain.

Ikut diuraikan juga jaringan transportasi Darat KSPN di Wilayah Kota Manado.

“Terus terang saya merespon positif apa yang sudah dipaparkan dan sangat berharap soal angkutan umum di Kota Manado dapat menjawab berbagai persoalan yang ada,” kata Wali Kota AA menanggapi.

Wali Kota juga meminta soal konektivitasnya baik untuk wilayah kepulauan yang ada di Kota Manado dalam kaitan dengan Pengembangan Pariwisata.

“Saya sangat mendukung apa yang akan dilakukan oleh Balai Pengelolah Transportasi Darat ini. Dan sangat berharap agar masalah angkutan umum di Kota Manado dapat terselesaikan,” kunci Wali Kota.

Hadir dalam pertemuan ini Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XXII Provinsi Sulut Mangasi Sinaga dan pejabat teknis lainnya, Kadis Perhubungan Kota Manado Michael Tandirerung, Sekretaris Dinas Jeffry Worang dan Kabid LLAJ Donald Wilar.(*/gabby)

Categories: Manado

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s