Ekonomi & Bisnis

Buka Rakorwil TPID SULAMPUA, Wagub Pesankan Soal Kedaulatan Pangan

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O.E Kandouw, SE membuka kegiatan Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) wilayah Sulawesi, Maluku dan Papua, di Four Points By Sheraton Hotel Manado, Rabu(20/7/2022).

Dalam kesempatan ini Wagub menyampaikan, Rakorwil TPID ini sangat penting mengingat pengendalian Inflasi di daerah dapat mempengaruhi garis kemiskinan.

“Dan saya sangat mengapresiasi Bank Indonesia yang selalu memonitoring Inflasi. Inflasi ini head to head dengan kemiskinan. Karena setengah persen itu dapat mempengaruhi garis kemiskinan. Dan saya rasa rakorwil ini sangat penting, apalagi ini melibatkan Provinsi Sulawesi, Maluku dan Papua,” kata Wagub.

Rakorwil ini juga penting terkait resikositas, supaya bisa memitigasi beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikan harga.

“Ini penting juga, supaya disparitas harga ini bisa di mitigasi atau bisa dikendalikan. Jangan sampai misal cabe di Gorontalo 50 ribu, disini (Sulut, red) jadi 120.000 dan di Maluku 200.000. Begitu juga beras,” sebutnya.

Maka dari itu, Wagub juga mengatakan pentingnya koordinasi.

“Supaya ada koordinasi vertikal maupun horizontal. Supaya kita langsung bekerja dan itu bagus sekali,” katanya.

Dirinya juga menambahkan terkait kedaulatan pangan. Menurut Wagub, ada baiknya 15 bahan pokok dihasilkan dari daerah sendiri.

“Iya, itu tambahan dari saya tentang kedaulatan pangan. Kalau kita boleh menghasilkan di daerah itu luar biasa tidak ada ketergantungan. Karena ketergantungan itu berbahaya,” tandasnya.

Hadir dalam Rakorwil Deputi I Bidang Ekonomi Makro dan Keuangan Iskandar Simorangkir, Dirjen Bangda Kemendagri, Kpw BI Sulut Arbonas Hutabarat, Kpw BI Sulsel Eko Irianto, seluruh instansi baik vertikal dan horizontal. (gabby)

Categories: Ekonomi & Bisnis

Leave a comment