Minahasa

Dengan Program JKN, Penyakit Diabetes Ola Dapat Ditangani Dengan Baik

Tondano – Youla Kambong (50) seorang ibu rumah tangga yang tinggal Linkungan III, Desa Kolongan, Kecamatan Kombi, Kabupaten Minahasa ini mengaku merasa senang dan lega karena telah menjadi peserta Program JKN. Ola, begitua sapaan akrabnya, terdaftar sebagai peserta JKN, penyakit diabetes Ola yang dideritanya sejak lama dapat diobati.

Ola merupakan seorang ibu dari tiga orang anak yang telah menjadi peserta Program JKN sejak awal tahun 2015 sebgai peserta segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU). Dia mengaku dirinya telah lama divonis mengidap penyakit diabetes dan seluruh pengobatannya ditanggung oleh Program JKN.

“Sakit ini sudah saya rasakan sejak tahun 2016. Awalnya saya merasa sangat mudah lelah meskipun tidak melakukan pekerjaan berat. Saya pikir itu hanya faktor kelelahan biasa, namun lama kelamaan gejala yang lain muncul, saya sangat sering berkeringat, sampai kemudian anak saya menganjurkan saya untuk memeriksakan diri ke dokter,” tutur Ola.

Mengikuti saran anaknya waktu itu. Ola kemudian memeriksakan diri ke Puskesmas di daerah Kombi, tapi ternyata dia lansung rujuk ke RSUD Sam Ratulangi Tondano untuk pemeriksaan lanjut. Ola mengaku, seluruh tindakan medis yang diterimanya sejak pemeriksaan awal hingga pengobatan yang masih di jalaninya sampai saat ini didapatkan tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun.

“Benar saja, saya dinyatakan mengidap penyakit diabetes sehingga saya disarankan untuk sering dan rutin memeriksakan diri ke dokter. Disinilah saya muai merasakan manfaat menjadi peseta Program JKN,” ungkap Ola.

Di akhir pertemuan, Ola menyampaikan syukur telah menjadi peserta Program JKN. Ola sadar dengan menjadi peserta Program JKN, dia telah memberikan perlindungan kepada dirinya sendiri serta membantu orang lain dalam pengobatan.

“Saya adalah bukti nyata dari manfaat pelayanan kesehatan dalam Program JKN, selain itu saya juga dapat membantu orang lain yang membutuhkan pelayanan kesehatan melalui iuran rutin yang saya bayarkan tiap bulan,” kata Ola dengan senyuman. (CT)

Categories: Minahasa

Tagged as: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s