Minahasa Selatan

Tingkatan Hasil Pertanian, Wongkar Rembang Canangkan Menanam Benih Kentang di Perkebunan Mondoinding

Minsel, Sulutnewstv.com –  Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Frangky Donny Wongkar SH bersama Wakil Bupati Petra Yanny Rembang M.Th canangkan penanaman perdana benih kentang di perkebunan Modoinding.

Bupati Wongkar menjelaskan, penanaman benih kentang ini, bertujuan untuk melakukan pengembangan sistem pertanian terpadu, yang di khususkan pada daerah dataran tinggi. Melalui program The Development Of Integrated farming System In Upland Areas ( UPLAND) Tahun 2022.

“Dengan sasaran pada kelompok tani di wilayah kecamatan Modoinding agar dapat meningkat produktifitas kentang, baik kwalitasnya maupun Kwantitas. Sehingga di harapkan kedepan perekonomian petani hortikultura penerima manfaat di Modoinding terjadi peningkatan,” tutur Bupati, Kamis (4/8).

Dilanjutkan Wongkar  berharap petani penerima manfaat dalam mengerjakannya harus secara bersama-sama. Dan jangan sendiri-sendiri. “Artinya, ini demi untuk memperkuat secara kelembagaannya,” kata Wongkar.

Diakui Wongkar, sejak dulu masyarkat Modoinding, sudah lama mengenal teknik budidaya kentang. Meski begitu, dia berharap melalui program ini dapat terus meningkatkan pembelajaran secara bersama-sama pengetahuan tetkait melakukan pengembangan budidaya kentang.

Sembari, bupati menitipkan agar, terus dibangun  komunikasi yang baik antara Penyuluh dan Petani sehingga benar – benar target  hasil yang baik dari kegiatan ini tercapai.

Sementara di sela pencanangan penanaman kentang, ibarat pepatah, sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui, hal yang sama juga di canangkan Wongkar, yakni kampung Sayor.

” Nantinya di sesuaikan dengan karateristi potensi yang ada di setiap wilayah kecamatan, seperti halnya, kampung rica, kampung Seho, kampung buah, Kampung milu,” jelas Bupati.

Dalam rangkaian acara tersebut Bupati memberikan bantuan aksinya kepada sejumlah kelompok tani. Dengan berharap ini dapat di manfaatkan dengan baik, untuk kepentingan kelompok bersama.

Adapun bantuan di maksud, Hand Sprayer Kepada Kelompok Tani Tetap Jaya, Kelompok Tani Kita Bisa, Kelompok Tani Permata, Kelompok Tani Panji Yosua Berkarya, Kelompok Tani Kaampit Waya. dan bantuan cultivator kepada Kelompok Tani Masawonganta, juga diserahkan bantuan Benih yang diberikan kepada Kelompok Tani Tabita, Kelompok Tani Paar Mayang, Kelompok Tani Serasi Mandiri, Kelompok Tani Kanaan New, Kelompok Tani F Potato, Kelompok Tani lolombulan, Kelompok Tani Perjuangan, Kelompok Tani Kabar Jaya, Kelompok Tani Karyata, Kelompok Tani Donata. (Christian Ngau)

Categories: Minahasa Selatan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s