Ekonomi & Bisnis

Inovasi Layanan Digital, Kanwil ATR/BPN Sulut Luncurkan Program Kemudahan Untuk Pengurusan Sertifikat Tanah

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Kantor Wilayah ATR/BPN Provinsi Sulut melaunching beberapa program Inovasi layanan digital yang diberlakukan di Kantor ATR/BPN Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulut dibawah Kanwil ATR/BPN Sulut. Program tersebut dilaunching bersamaan, di Luwansa Hotel, Kamis(25/8/2022).

Adapun beberapa program yakni program Sistem Manajemen Arsip Sistematis (Siimanis), program Layanan Langsung Mandiri Pertanahan (Lalampa), program Layanan Roya Instan (Lari), program Layanan Express Mandiri Perorangan (Lemper), program Layanan Balik Nama Selesai Tepat Waktu (Sepatu), Layanan Pendaftaran Tanah Pertama Kali dan masih ada beberapa layanan diakhir pekan, bahkan untuk ibu hamil, lansia, disabilitas yang diberikan program layanan Red Carpet Loket Prioritas.

Kakanwil ATR/BPN Provinsi Sulut Lutfi Zakaria, SIP, M.H mengatakan dalam meningkatkan pelayanan, harus didasari pada keinginan bahwa ingin melayani dengan sebaik-baiknya kepada masyarakat di bidang pertahanan.

“Kami sadari bahwa ada perspektif-perspektif, pelayanan di kantor ATR/BPN itu lama, susah, diperbelit-belit, tidak jelas biayanya, bahkan orang harus bolak-balik sampai 10 kali, bahkan berlebih misalnya ngurus sampai meninggal pun, baru jadi sertifikatnya. Dan ini tentunya menjadi perhatian kami dan menjadi catatan kami khususnya,” kata Lutfhi.

Berkaca dari hal demikian, ATR/BPN Sulut kemudian mencoba membuat berbagai inovasi dalam meningkatkan pelayanan itu, sehingga menurutnya memberikan pelayanan kepada masyarakat itu, harus ada kepastian.

“Yang terpenting adalah kenyamanan. masyarakat senantiasa merasa aman dan jelas juga terkait pembiayaaannya. Pelayanan juga, yang ketika datang ke Kantor pertanahan masyarakat merasa nyaman,” tambahnya.

Mendasari hal itulah, ATR/BPN
Salah satu upaya dilakukannya inovasi layanan digital ini adalah untuk mencegah adanya masalah dan atau lebih jauh mafia tanah.

“Itulah sebabnya,kami berupaya agar masyarakat itu bisa datang langsung mengurus pelayanan itu ke Kantor pertanahan,” katanya.

Sementara itu Inspektur Jenderal Kementerian ATR/BPN Sundaizal yang juga turut hadir dalam launching tersebut menyambut baik langkah yang dilakukan pihak ATR/BPN Wilayah Sulut. Dirinya berpesan, agar program ini benar-benar dijalankan, dengan tujuan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat.

“Saya menyambut baik hal ini, terutama komitmen waktu penyelesaian. Semoga sama-sama bisa mewujudkan pelayanan yang baik untuk masyarakat,” tandasnya.

Acara launching juga dihadiri oleh Ibu Pembina IKAWATI BPN Sulut Dewi Kania, Kepala Sub III Bid.2 BPK Azwar Fahmi serta para jurnalis, dan pegawai lingkup ATR/BPN Sulut.(*/gabby)

Categories: Ekonomi & Bisnis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s