Ekonomi & Bisnis

BRI Dukung Implementasi Penurunan Emisi Karbon, Tanam Bibit Advokat, Bakau, Mahoni di Likupang

SULUTNEWSTV.com, MINUT – Untuk mendukung implementasi penurunan emisi karbon, khususnya di Kabupaten Minahasa, Desa Palaes Kecamatan Likupang Timur, Bank Rakyat Indonesia (BRI) Regional Manado menanam bibit pohon Advokat, Bakau dan Mahoni, Senin(5/9/2022).

Regional CEO BRI Manado Lutfhi Iskandar menyampaikan program ini merupakan program dari Presiden Ir Joko Widodo yang secara nyata menargetkan untuk menurunkan emisi karbon secara masif.

BRI mendapat kesempatan menanam 754.401 pohon di tahun 2022 dan 1.000.000 pohon di tahun 2023. Pada Bulan Agustus ini, 376.400 Pohon ditanam pada 1.862 Desa Brilian terpilih di Seluruh Indonesia.

“Khusus di KEK Likupang, ada 1.350 bibit, yang tersebar di beberapa titik. Nah, di desa Palaes kita menanam 350 bibit advokad,” kata Lutfhi usai giat BRIMenanam.

Sekadar diketahui, terdapat 61 titik penanaman di wilayah binaan BRI Regional Office Manado dengan lokasi prioritas di KEK Likupang. Likupang dipandang sebagai Kawasan sangat strategis merupakan salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Dan di Likupang BRI RO Manado memiliki 3 Desa Brilian binaan yang menjadi titik penanaman yaitu Desa Palaes, Desa Bulutui dan Desa Marinsow.

Tidak hanya itu, Program BRI Menanam juga melibatkan 418.001 penerima KUR BRI dari 1.673 Unit Kerja BRI di Seluruh Indonesia. Masing-masing Uker memilih 250 penerima KUR yang diberikan Amanah untuk menanam dan merawat pohon pemberian dari BRI.

“Kami harapkan Tanaman Produktif yang ditanaman pada Program BRI Menanam ini mampu memberikan manfaat perekonomian bagi masyarakat desa dan penerima KUR BRI. Kami mohon peran serta dari perangkat desa, dan seluruh organ masyarakat dalam merawat dan menjaga pohon-pohon yang ditanam di Likupang ini,” sambungnya.

Bupati Minahasa Utara Joune Ganda menyampaikan terimakasih kepada pihak Bank BRI yang mau bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dalam rangka melakukan penanaman bibit pohon.

Apalagi, menurut Bupati, bibit yang ditanam ini merupakan tanaman yang akan bermanfaat bagi masyarakat. Bahkan kata dia, ini nanti akan bermanfaat pula bagi anak cucu dimasa yang akan datang.

“Tentu ini akan kami dorong. Dan yang paling penting dalam kegiatan ini adalah bukan hanya sekadar menanam, namun bertumbuh dan merawat tanaman ini. Dan saya berpesan kepada para perangkat desa untuk sama-sama merawat bibit ini,” ungkap Bupati sembari menambah bahwa Pemkab Minut akan senantiasa mendukung bersama program dari Bank BRI ini.

Turut hadir Kepala Cabang BRI Bitung Denny Setiawan, Regional Micro Banking Head BRI RO Manado Reinhard Y. Marpaung, Asisten II Pemkab Minut, Kadispar Minut, Kadis Pertanian Minut, Camat, Hukum Tua Likupang Barat, serta undangan yang hadir.

Selain menanam bibit Pohon, RCEO BRI Lutfhi Iskandar bersama Bupati Joune Ganda memukul tetengkoren dalam rangka pencanangan desa sadar kebersihan di Desa Palaes.(*/gabby)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s