Minahasa

Siap Raih Prestasi, Zachary Pioh Nakhodai PERBASI Minahasa Periode 2022-2026

Tondano – Terpilih secara aklamasi melalui Musyawarah Daerah (Musda), Zachary Pioh resmi nakhodai Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PERBASI) Kabupaten Minahasa, periode 2022-2026.

Musda yang dilaksanakan di salah satu Rumah Makan, Kelurahan Tonkuramber,  Kecamatan Tondano Barat, Selasa (06/09/22), dihadiri seluruh perwakilan Club Basket Minahasa.

Dalam sambutannya, Ketua Terpilih, Zachary Pioh menyampaikan terima kasih kepada seluruh pencinta Olahraga Basket yang telah mempercayakan dirinya memimpin PERBASI Minahasa, periode 2022-2026.

Tentunya, kata Zakhary, kepercayaan ini merupakan tanggung jawab dan tantangan yang harus dijawab dengan karya, serta kerja optimal untuk eksistensi PERBASI Kabupaten Minahasa.

“Tentunya, kami pengrus PERBASI akan selalu berkontribusi untuk seluruh atlet basket yang ada di Minahasa. Tentunya mengembangkan para atlet, untuk kemajuan bersama demi mencapai prestasi di tingkat daerah, nasional dan bahkan internasional,” katanya.

Pioh menjelaskan, perkembangan dan kemajuan serta capaian prestasi dari setiap olahraga tidak dilihat seberapa populernya cabang itu, atau kuantitas dan kualitas atltt yang menggelutinya. Bahkan, dukungan dan sarana prasarana yang memadai. Namun, kemajuannya juga turut ditentukan oleh profesional dan kuatnya kepengurusan organisasi yang menaunginya. Hal ini, tidak lain karena kedudukan organisasi keolahragaan menempati posisi terdepan dalam pengembangan, pembinaan dan pengelolaan cabang olahraga itu sendiri.

“Kami akan berupaya untuk membangun bangsa yang berprestasi di cabang olahraga khususnya basket. Namun, diperlukan organisasi keolahragaan yang profesional, inovatif, kuat secara kualitas maupun kuantitas, sekaligus memiliki visi yang besar dan terarah. Dengan harapan, untuk memajukan capaian prestasi cabang olahraga basket dan memperjuangkan program-program PERBASI serta memastikan persatuan dan kebersamaan tetap terjalin erat,” jelasnya.

Sehubungan dengan itu, Pioh juga mengatakan, dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengembangkan dan mempersiapkan para atlet bola basket yang berkulitas, serta siap menorehkan prestasi di tingkat nasional.

“Seperti halnya tim bola basket Sulut yang berhasil mengalahkan tim bola basket Jatim yang merupakan barometer untuk bola basket tanah air. Dan itu memerlukan waktu 30 tahun untuk mengalahkannya sehingga membuat sejarah pada PON XX Papua,” katanya lagi.

Maka dari itu, lanjut Pioh, dalam waktu singkat, akan segera dilakukan sinergitas visi, misi dan langkah organisasi dalam membangun sinergitas kerja dengan berbagai stakeholders terkait. Serta proyeksi yang sama dengan kepengurusan lebih tinggi, baik di tingkat provinsi maupun pusat.

“Lebih dari itu, kita terus berupaya menjadi mitra pemerintah dalam membangun daerah dan bangsa dalam memajukan sektor pendidikan, meningkatkan kualitas SDM, menambah jumlah SDM unggul, dan meningkatkan kesejahteraan di tengah-tengah masyarakat,” pungkasnya.

Turut hadir dalam Musda tersebut, Sekretaris Umum KONI Minahasa Vekky Pangkerego, Wakil ketua KONI Minahasa, Sonny Tangkere, Sekretaris PERBASI Sulut Arthur Wuwungan, serta perwakilan club basket se Minahasa
(CT)

Categories: Minahasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s