Minahasa

Dihadiri Wabup RD, Ketua GK Pimpin Paripurna Penetapan Perubahan APBD Minahasa TA 2022


Tondano – Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kabupaten Minahasa tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran 2022, akhirnya disepakati oleh Pemerintah Daerah dan DPRD lewat rapat paripurna, Senin (19/09) di Balai Pertemuan Umum Tondano.

Rapat Paripurna ini dihadiri langsung Wakil Bupati Minahasa Dr. Robby Dondokambey, SSi, MM yang dipimpin Ketua DPRD Glady Kandouw, SE didampingi Wakil Ketua DPRD Stacy Runtu dan Denny Kalangi serta Sekretaris Daerah Frits Muntu.

Ketua DPRD Glady Kandouw menyampaikan, dengan telah disetujuinya Ranperda Perubahan APBD Tahun Anggaran 2022, maka DPRD dan Eksekutif sebagai mitra kerja telah dapat menyelesaikan pembahasan sebagaimana yang diharapkan oleh undang-undang.

“Untuk itu atas nama pimpinan dan anggota DPRD menyampaikan apresiasi kepada Bupati dan Wakil Bupati Minahasa beserta jajarannya,” ucap Kandouw.

Wakil Bupati saat menyampaikan sambutan Bupati Minahasa menyampaikan, ada dinamika dalam proses pembahasan anggaran, tetapi semua dalam bingkai ketentuan, untuk paripurnanya Ranperda Perubahan APBD Kabupaten Minahasa Tahun Anggaran 2022.

“Ranperda Perubahan APBD yang telah dibahas dan kita setujui hari ini, tetap memperhatikan pemenuhan belanja wajib atau belanja yang bersifat mandatory spending antara lain fungsi pendidikan dan fungsi kesehatan, penanganan COVID dan dukungan vaksinasi serta penanganan dampak inflasi,” kata Dondokambey.

Dijelaskannya, Pemerintah Kabupaten Minahasa berupaya untuk memenuhi seluruh kebutuhan dalam rangka pelaksanaan program dan kegiatan pada Perangkat Daerah ataupun pada Unit Kerja, namun terbatas pada kemampuan keuangan daerah sehingga kita melakukan penyesuaian belanja.

Dalam Ranperda tentang Perubahan APBD
Tahun 2022 ini, secara total Pendapatan Daerah
kita menjadi Rp1.264.633.946.999,00 (Satu Triliun, Dua Ratus Enam Puluh Empat Miliar, Enam Ratus Tiga Puluh Tiga Juta, Sembilan Ratus Empat Puluh Enam Ribu, Sembilan Ratus Sembilan Puluh Sembilan Rupiah), atau kurang lebih 1 Triliun, 264 Miliar Rupiah.

Belanja Daerah menjadi Rp1.457.601.549.346,00 (Satu Triliun, Empat Ratus Lima Puluh Tujuh Miliar, Enam Ratus Satu Juta, Lima Ratus Empat Puluh Sembilan Ribu, Tiga Ratus Empat Puluh Enam Rupiah), atau kurang lebih 1 Triliun, 457 Miliar Rupiah.

Sementara itu, disisi Pembiayaan Daerah pada Penerimaan Pembiayaan menjadi Rp. 217.967.602.302,00 (Dua Ratus Tujuh Belas Miliar, Sembilan Ratus Enam Puluh Tujuh Juta, Enam Ratus Dua Ribu Tiga Ratus Dua Rupiah), atau kurang lebih 217 Miliar, 967 Juta Rupiah, dan pada Pengeluaran Pembiayaan menjadi Rp24.999.999.955,00 (Dua Puluh Empat Miliar, Sembilan Ratus Sembilan Puluh Sembilan Juta, Sembilan Ratus Sembilan Puluh Sembilan Ribu, Sembilan Ratus Lima Puluh Lima Rupiah), atau kurang lebih 24 Miliar 999 Juta Rupiah.

“Dalam pelaksanaannya kedepan, kiranya kita
akan terus bersama-sama, memperkuat sinergitas
dan jalinan koordinasi, tetap saling mendukung,
sambil mengawasi jalannya berbagai program dan kegiatan yang telah ditetapkan, khususnya dalam beberapa Bulan di akhir Tahun 2022 ini, sehingga tujuan dan harapan untuk mempercepat dan mendorong realisasi pembangunan dapat terlaksana, dan bermuara pada terwujudnya Minahasa Maju Dalam Ekonomi Dan Budaya, Berdaulat, Adil, Dan Sejahtera,” tutu Wabu Dondokambey.

Turut hadir Wakapolres Minahasa Kompol Yindar T. Sapangallo S.Sos, perwakilan Kodim 1302 Minahasa Kapten Inf. Donny Lumenta, para Asisten Setdakab, Sekwan Dr. Dolfie Kuron, Anggota DPRD dan jajaran Pemkab Minahasa. (Christian Tangkere)


Categories: Minahasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s