Sulut

AMAN Sulut Serahkan Bantuan Pangan Kepada Panitia KMAN Papua

Jayapura – Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Wilayah Sulawesi Utara (Sulut) serahkan bantuan pangan kepada Pantia Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) ke VI di Kabupaten Jayapura, Kamis (20/9/2022).

Informasi ini disampaikan Kharisma Kurama, Ketua Badan Pengurus Harian AMAN Sulut kepada awak media usai menyerahkan bantuan tersebut. Dijelaskan, bantuan berupa sayur mayur ini adalah bentuk dukungan nyata dari masyarakat adat Sulut untuk kesuksesan KMAN ke VI di Wilayah Adat Tabi.

“Kami telah menyerahkan bantuan kepada panitia kongres berupa sayur mayur. Kami tau bahwa Tanah Papua adalah tanah yang kaya, tapi ini adalah bentuk dukungan nyata dari kami masyarakat Adat Sulut untuk kesuksesan acara kongres ini,” tutur Kharisma.

Dijelaskan, untuk mengumpulkan bantuan ini, para pemuda adat melakukan rukup dari hasil pertanian masyarakat adat. Tradisi tua Minahasa yang biasa diterapkan untuk mengumpulkan sesuatu dengan landasan ketulusan dan keikhlasan. “Semua bantuan yang terkumpul itu adalah hasil panen masyarakat adat Sulut dari perkebunan sendiri,” sebut Kharisma.

Dia berharap dukungan ini bisa bermanfaat, serta mampu meringankan beban dari panita. “Semoga bisa bermanfaat untuk kelangsungan pelaksanaan KMAN di Wilayah Adat Tabi, Kabupaten Jayapura,” kata Kharisma.

Sementara itu, pihak panitia yang menerima langsung bantuan ini mengaku sangat bersyukur dan berterima kasih.”Kami panitia sangat berterima kasih. Ini akan sangat bermanfaat untuk dinikmati para peserta selama kongres,” ucap Dorince Mehue, tokoh adat Papua yang memberi diri sebagai koordinator konsumsi panitia.

Ia juga sangat mengapresiasi para pemuda yang telah mengusahakan bantuan ini hingga sampai ke Tanah Papua. “Luar biasa, kami sangat mengapresiasi para pemuda yang berjuang datang ke KMAN di Papua dan mengusahakan bantuan ini.

Salut untuk para pemuda adat,” ujar Mama Dorince. Anggota Majelis Rakyat Papua (MRP) yang juga ketua perempuan adat di Hobong ini menegaskan jika mereka akan menyambut para pemuda adat di kampungnya nanti.

“Sarasehan yang akan menghadirkan para pemuda adat akan digelar di kampung saya, Hobong. Kami akan senang untuk menyambut para pemuda adat di kampung kami. Kami sudah siap menyambut dan menjamu para pemuda adat di Hobong,” tandasnya. (*)

Categories: Sulut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s