Ekonomi & Bisnis

Ada 2 Fitur Yang Tersemat Pada Motor Honda CBR250RR, Berikut Penjelasannya

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Honda CBR250RR generasi terbaru hadir dengan menawarkan banyak keunggulan fitur dan teknologi. Salah satunya adalah Throttle by Wire (TWB) dan Riding Mode.

Sebelumnya, PT Daya Adicipta Wisesa pada September 2022 lalu, telah memperkenalkan moge sport yang satu ini untuk dipakai masyarakat Sulut.

Bagi anda yang belum terlalu paham dengan fitur dan teknologi yang tersemat pada motor sport ini, berikut penjelasannya.

Throttle by Wire merupakan teknologi yang menggantikan peran rumah selongsong gas konvensional. Dengan teknologi Throttle by Wire, Honda CBR250RR tak lagi menggunakan Kabel baja melainkan dengan kabel listrik sehingga sistemnya saat ini sudah elektrik.

Sistem ini dilengkapi dengan Accelerator Position Sensor (APS) pada bagian stang kanan. Sensor tersebut berkerja membaca putaran bukaan gas.
Ketika tuas gas dipuntir, Sensor APS akan membaca sudut putaran bukaan gas tangan, sudut tersebut dikonversikan menjadi sinyal tegangan listrik yang dikirim ke ECM Setelah perintah sampai ke ECM, ECM akan memerintahkan motor listrik yang berada di throttle body untuk membuka katup kupu-kupu atau throttle valve.

Keunggulan penggunaan TBW jauh lebih akurat ketimbang yang masih menggunakan kabel baja konvensional. Sehingga akselerasi jadi lebih responsif karena minim potensi terjadinya delay.

Berkat pengaplikasian TBW tersebut, CBR250RR pun memiliki fitur 3 Riding Mode yang bisa disesuaikan dengan keinginan pengendaranya.

Riding mode merupakan fitur yang dibuat untuk menyesuaikan profile pengendara dengan gaya berkendara yang diinginkan.

Berikut ini 3 mode riding pada CBR250RR :

1. Comfort Mode

Mode ini berfokus kepada kenyamanan, dengan tidak menghadirkan power maksimum sehingga memastikan transfer tenaganya lebih smooth. Mode ini cocok digunakan untuk daerah kemacetan atau sedang berjalan santai.

2. Sport Mode

Mode ini menghadirkan power maksimum sepeda motor, namun dengan kurva power yang linear. Mode ini cocok digunakan untuk harian bagi pengendara yang menginginkan power maksimum.

3. Sport + Mode

Mode ini menyuguhkan power maksimum sepeda motor dan kurva power lebih agresif, sehingga akselerasi atau tarikan sepeda motor jadi lebih responsif dan agresif. Mode ini cocok digunakan untuk di lintasan sirkuit atau untuk pengendara yang menginginkan power dan tarikan maksimum.

“Dengan fitur riding mode pengendara dapat sepenuhnya melakukan kontrol pada sepeda motornya agar sesuai dengan preferensi pengendaranya,” kata Marketing Division Head DAW Jemmy Febrianto.

Untuk memastikan seluruh komponen sepeda motor dalam kondisi prima, jangan lupa lakukan pemeriksaan dan perawatan berkala sepeda motor ke bengkel AHASS terdekat untuk mendapatkan perawatan terbaik dari teknisi berpengalaman dan sparepart 100 persen asli.

Jangan lupa manfaatkan juga layanan booking service atau layanan kunjung untuk layanan tanpa perlu antri.(*/gabby)

Categories: Ekonomi & Bisnis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s