Minahasa

Bersama Wakil Ketua TP PKK, Wabup Dondokambey Gencar Sosialisasikan Pencegahan Stunting

Minahasa – Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey didampingi Wakil Ketua TP-PKK Minahasa Martina Lengkong menghadiri Penyuluhan Program KB sebagai Upaya Pencegahan Stunting di Balai Desa Sea, Kecamatan Pineleng, Minahasa, Selasa (13/12/2022).

Pemerintah Kabupaten Minahasa saat ini tengah gencar melakukan sosialisasi penanganan dan pencegahan Stunting. Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey, saat membuka kegiatan penyuluhan program Keluarga Berencana (KB), mengatakan pencegaham Stunting merupakan prioritas Pemkab Minahasa.

“Ini tentu menjadi perhatian serius, sehingga dikemudian hari tidak akan lahir bayi stunting yang akan memberikan dampak negatif pada kualitas sumber daya manusia di masa depan,” jelas Wabup Dondokambey.

Untuk itu, kata Wabup, penyuluhan stunting ini sangat penting. Karena akan memberikan pemahaman tentang hal-hal yang langsung bersentuhan dengan kehidupan manusia, baik secara individu dan keluarga. “Hal ini sebagai upaya dalam membentuk keluarga yang berkualitas, sehingga pada gilirannya akan menghasilkan sumber daya manusia kompetitif dan handal,” terang Wabup.

Dikatakannya, melalui program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana (Bangga Kencana). Program ini berfokus menjadikan keluarga sebagai sandaran pembangunan.

Selain itu, program ini mengarahkan bagaimana keluarga mempunyai rencana guna mewujudkan keluarga yang berkualitas sebagai modal pembangunan. “Di tahun 2022 ini, program pembangunan keluarga, kependudukan berencana, menjadi lebih bermakna lagi karena diharapkan dapat mendudukung program pemerintah dalam percepatan penurunan stunting dengan cara koordinasi, sinergitas dan sinkronisasi dengan berbagai instasi terkait,” jelas Wabup Dondokambey.

Sementara, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB,  Syultje Panambunan SE MAP menyampaikan tujuan program ini, adalah sebagai upaya pencegahan stunting.

“Program ini juga sebagai upaya pembangunan dan penguatan keluarga demi menuju terwujudnya keluarga sejahtera,” tandas Panambunan.

Hadir dalam kegiatam tersebut, Unsur Kecamatan Pineleng, Para Hukum Tua, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat se-Kecamatan Pineleng dan peserta kegiatan. (CT)

Categories: Minahasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s