Ekonomi & Bisnis

Penerbangan Kargo ke Narita Jepang, Gunakan Pesawat Garuda Indonesia Kembali Beroperasi

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Garuda Indonesia  kembali mengoperasikan penerbangan ekspor kargo ke Narita Jepang. Penerbangan dibuka, Selasa(13/12/2022) rute Jakarta  penerbangan GA-6004 dengan rute CGK – MDC membawa 82 penumpang dan tiba di Bandara Sam Ratulangi pukul 22.10 WITA.

Beroperasinya penerbangan ekspor kargo ke Narita adalah untuk mengakomodir permintaan ekspor marine product yang tinggi dan mendorong daya saing komoditas ekspor kemaritiman nasional dan produk unggulan ekspor lainnya, Penerbangan ini kembali beroperasi sekali dalam seminggu dgn menggukan pesawat Garuda Indonesia dgn tipe 
Pesawat Airbus 330-300 dengan route Jakarta – Manado Narita.

Setelah itu dengan pesawat yang sama melanjutkan penerbangan kargo dengan nomor penerbangan GA-8720 rute MDC – NRT pada pukul 23.55 WITA dengan membawa 3,7 ton kargo komoditas Fresh Tuna Loin, Tuna Whole, dan Live Ornamental Fish.

General Manager Bandara Sam Ratulangi Manado Minggus E.T Gandeguai mengungkapkan dengan mendaratnya pesawat Airbus 330-300 dan ekspor kargo ke luar negeri yang dibuka kembali, menunjukkan komitmen Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Manado dalam mendukung program Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dalam upaya mendukung komoditas ekspor Sulawesi Utara melalui penyediaan dan peningkatan layanan distribusi logistik komoditas ekspor unggulan.

“Ekspor langsung dari Manado ke Jepang ini menjadi terobosan yang sangat baik yang harus kita dukung dan lanjutkan kembali dalam masa recovery sekarang ini,” ungkap Minggus.

Dalam penerbangan kargo tersebut dihadiri oleh Kepala dan Wakil Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara, Pihak Internal Angkasa Pura I dan Angkasa Pura Logistik Bandara Sam Ratulangi Manado.

“Saya berharap kualitas dan kuantitas produk yang akan diekspor ini terus dijaga agar minat yang tinggi ini dapat terakomodir dengan baik. Hal ini tentunya bisa terealisasi karenal kerja sama dari berbagai instansi seperti Badan Karantina Ikan, Bea Cukai, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, serta Pemerintah Sulut yang terus mendukung potensi ekspor komoditas perikanan yang sangat luar biasa,” singkat Stakeholder Relation Manager Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Yanti Pramono.(*/gabby)

Categories: Ekonomi & Bisnis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s