Tomohon

Lantik Sejumlah Kepala Sekolah, Carol Senduk: Kepala Sekolah Harus Mampu Memimpin dan Mengelola Sekolah

Walikota Tomohon Caroll Senduk SH pimpin pelantikan sejumlah Kepala Sekolah Tingkat SMP, SD, TK, Pengawas Sekolah dan Auditor lingkup Pemkot Tomohon, bertempat di Ruangan Walikota Tomohon, Rabu (25/1/23).

Dalam pelantikan, Walikota mengambil sumpah/janji Lima (5) kepala sekolah SMP 15 Kepala Sekolah SD, Dua (2) Kepala TK dan Auditor.

Dalam sambutannya, Walikota menyampaikan selamat kepada seluruh kepala sekolah, pengawas sekolah dan pejabat fungsional yang dilantik hari ini, momentum ini menandai meningkatnya tanggung jawab saudara dalam melaksanakan amanah, sebagai pemimpin dan pegawai pemerintah yang dapat dipercaya.

Senduk berharap, para Kepala swkolah yang baru dilantik agar dapat mejalankan tugasnya dengan baik dan lebih meningkatkan mutu pendidikan.

“Saya harap saudara dapat menjalankan perannya masing-masing secara proporsional dan profesional. Dengan terisinya jabatan kepala sekolah, saya harap selanjutnya akan ada peningkatan mutu pendidikan serta percepatan capaian kinerja. segera lakukan konsolidasi dengan teman-teman guru yang ada di sekolah guna percepatan peningkatan mutu pendidikan serta perbaikan manajerial organisasi disekolah yang bapak ibu pimpin,” ucap Caroll.

Senduk menambahkan, guru yang diberikan tugas sebagai kepala sekolah mampu memimpin, mengelola sekolah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan transformasi pembelajaran yang berpihak kepada peserta didik, bahwa peningkatan pendidikan bukan hanya diarahkan pada peningkatan pengetahuan (knowledge) tapi juga pembentukan karakter peserta didik yang bermoral, beretika, dan tentunya takut akan tuhan, tidak terlepas dari itu juga tentang peningkatan akses masyarakat terhadap pendidikan yang bermutu hal ini sangat penting guna menciptakan keadilan kepada seluruh masyarakat tentang akses pendidikan.

Lanjutnya, sehubungan dengan itu, kinerja kepala sekolah selama menjabat juga harus menjadi perhatian utama. kepala sekolah sebagai manager dalam pelayanannya harus cermat, memahami regulasi, tegas, disiplin namun harus tetap humanis dan bisa bekerja sama dengan staf peserta didik, komite dan masyarakat. Dalam bekerja para kepala sekolah harus menjaga diri untuk melaksanakan peraturan yang berlaku.

Seduk menegaskan agar penggunaan dana BOS dapat digunakan sesuai dengan kebutuhannya dan sesuai dengan ketentuan Pemerintah.

“Saya tegaskan kepada seluruh kepala sekolah untuk mengelola dana BOS dengan sebaik baiknya, jangan menyalahgunakan dana BOS, gunakanlah sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan, tetap terus berkoordinasi secara berjenjang, loyal dalam melaksanakan tugas, serta selalu bekerja dengan hati, guna terciptanya pendidikan yang bermutu dan berkelas dunia,” tegasnya.

Walikota berpesan kepada pengawas dan auditor untuk menjalankan tugas dengan baik.

“Saya berpesan kepada para pengawas sekolah dan pejabat fungsional yang dilantik hari ini untuk menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya, melakukan pengawasan, pengendalian dan monitoring se obyektif mungkin sehinggal hal-hal yang dianggap masih kurang dapat menjadi bahan evaluasi kedepan,” pesannya.

Hadir juga Rohaniwan, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring, S.E., M.E. bersama Jajaran Pemerintah Kota Tomohon, dan Staf Khusus Walikota Tomohon Fentje Goni, S.H. (Nov)

Categories: Tomohon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s