Ekonomi & Bisnis

Antisipasi Curah Hujan Tinggi, Ini Imbauan PLN Untuk Warga

SULUTNEWSTV.com, MANADO – Curah hujan yang mengguyur wilayah Sulawesi Utara, yang diprediksi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) akan berlangsung hingga 10 Januari 2020, mendapat atensi khusus bagi pihak PLN UIW Suluttenggo.

Cuaca yang berlangsung sampai Rabu(8/1) hari ini, menyebabkan gangguan di beberapa titik diakibatkan oleh cuaca dan iklim ekstrim yang terjadi sementara ini.

Diketahui, untuk tiga hari kedepan wilayah Sulut akan ada siklon tropis ‘Blake’ 985 hPa di bagian Barat Laut Australia dan daerah pusat tekanan rendah 1001 hPa di Laut Arafura menyebabkan terjadinya pola angin shearline (belokan angin) di wilayah Sulawesi Utara sehingga berpotensi hujan sedang hingga lebat dapat disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah Sulawesi Utara.

Untuk itulah, PLN UIW Suluttenggo memberikan imbauan kepada masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.

Selain itu, kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi dihimbau agar selalu waspada.

General Manager PLN UIW Suluttenggo Christyono mengungkapkan dengan semangat memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat seluruh petugas PLN tetap terus siaga menjaga keandalan pasokan listrik dan menggunakan alat pelindung diri agar tetap aman dalam menjalankan tugas.

“Tentu kami perlu agar masyarakat mau merelakan pohon dirabas yang mendekati jaringan PLN yang berpotensi gangguan listrik saat hujan. Kedua matikan listrik dari Miniature Circuit Breaker (MCB) (apabila ada genangan air), ketiga mencabut seluruh peralatan listrik yang masih tersambung dengan stop kontak dan menaikkan alat elektronik ke tempat yang lebih aman. Yang harus diketahui oleh pelanggan, instalasi listrik dalam rumah merupakan tanggung jawab pelanggan sebagai pemilik rumah. Tanggung jawab PLN hanya sampai kWh meter pelanggan,” sebutnya.

Perlu diketahui juga, Pelanggan juga dapat menghubungi Contact Center PLN 123 dalam keadaan darurat. Contact Center PLN 123 dapat diakses melalui telepon di (0380) 123, melalui Facebook di PLN 123, melalui Twitter di @pln_123, melalui email di pln123@pln.co.id, atau melalui aplikasi one-stop service, PLN Mobile, yang dapat diunduh di Google Playstore untuk Android atau App Store untuk iOS demi kemudahan layanan kapan saja dan dimana saja.(gabby)

Categories: Ekonomi & Bisnis, Manado

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s