Minahasa

[VIDEO] Peringatan Hari Adhyaksa ke-60 Kejari Minahasa

Tondano – Peringatan acara puncak Hari Bhakti Adhyaksa ke 60 yang dilakukan serentak di seluruh Kejaksaan Se-Indonesia ini digelar berbeda dengan tahun tahun sebelumnya. Peringatan kali ini dilakukan secara Virtual yang dipimpin oleh Kejaksaan Agung Republik Indonesia, Rabu, (22/07/2020).

Kejaksaan Negeri (Kajari) Minahasa mengikuti upacara virtual tersebut, di aula kantor Kejari yang dipimpin langsung oleh Kepala Kejari Minahasa Rakhmat Budiman Taufani, SH, M.Kn yang diikuti Kasi Intelejen Noprianto Sihombing Kasi Pidana Umum Ollivia L. Pangemanan, SH MH Kasi perdata dan tata usaha negara Orchido Belamarga, SH, Kasi Barang Bukti dan Barang Rampasan Christyana Olivia Dewi, SH MH
Kasi tindak pidana Khusus Tira Agustina, SH MH
Kepala Sub Bagian Pembinaan Christian E, Mandagi SH serta jajaran Kejari Minahasa.

Upacara Virtual ini merupakan puncak dari serangkaian kegiatan yang telah dilakukan menyambut Hari Bhakti Adhyaksa ke 60, dengan mengusung tema Terus Bergerak dan Berkarya.

Dalam upacara yang berlangsung hikmat itu, secara virtual Jaksa Agung ST Burhanuddin dalam amanatnya menyampaikan agar insan adhyaksa terus bergerak dan berkarya menanamkan sikap disiplin serta profesional dalam menghadapi persoalan yang beragam, meningkatkan kapasitas kompetensi diri, memperluas wawasan serta pemahaman akan teknologi informasi, niscaya diperlukan untuk memperkaya sudut pandang dalam melakukan inovasi.

Terlebih dalam penguatan integritas dan profesionalisme, diperlukan untuk mewujudkan penegakan hukum yang mampu mewujudkan keadilan. Penyelesaian perkara sepatutnya mempertimbangkan nilai nilai kemanusiaan, hukum dan keadilan yang hidup dalam masyarakat dengan menekankan pemulihan dan keseimbangan perlindungan antara kepentingan korban dan pelaku.

“Saya selalu katakan bahwa keadilan itu ada dihati nurani, tidak ada didalam buku. Untuk itu setiap kita mengambil keputusan tanyalah pada dirimu, tanyalah pada hatimu nuranimu, apa jawaban keadilan yang diharapkan oleh masyarakat. Berkenan dengan itu, saya yakin dan optimis melalui peningkatan kualitas yang sungguh sungguh pekerjaann penting kita bersama dalam memberikan pelayanan publik guna menghadirkan keadilan guna memulihkan kepercayaan masyarakat atau trust publik dapat kita raih dan wujudkan,” tegas Jaksa Agung.

Sementara Kepala Kejari Minahasa Rakhmat Budiman menyampaikan bahwa di tahun ke 60 ini insan adhyaksa akan terus berupaya melayani masyarakat. “Apalagi saat dimasa pandemi covid-19 yang melanda negeri ini, kami akan selalu siap membantu pemerintah dalam penanggulangan virus corona, dimana jajaran kejari sangat intens dalam melakukan kerjasama dengan pihak terkait,” ungkapnya.

Kepala Kejaripun meminta kepada jajaran yang dipimpinnya agar dapat bekerja lebih baik lagi, bergerak dan berkarya sesuai dengan tema hari bhakti adhyaksa ke 60 tahun 2020 ini. “Kami berharap masyarakat agar mendukung kami dalam melakukan perubahan baik dari seluruh stakholder yang berhubungan dengan kejaksaan, yang juga tidak henti hentinya mendukung kami melakuka perubahan menuju kejaksaan yang lebih baik,” pintanya.

Usai upacara peringatan Hari Bhakti Adhyaksa, jajaran Kejari Minahasa menerima kunjungan Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi (ROR). Kunjungan Bupati ROR yang menerapkan protokol kesehatan COVID-19 secara ketat ini, disambut langsung Kepala Kejari Rahmat Budiman Taufani.

Kedatangan Bupati ini tak lain untuk menyampaikan secara langsung Selamat Hari Ulang Tahun Adhyaksa ke-60 kepada Kajari Minahasa dan jajarannya.

“Saya bersama Wakil Bupati Robby Dondokambey SE, serta seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa dan rakyat Minahasa, menyampaikan selamat HUT ke-60 Adhyaksa,” kata ROR yang kala itu hadir didampingi Sekretaris Daerah Minahasa Frits R Muntu SSos.

Turut hadir Kapolres Minahasa AKBP. Denny Situmorang, Ketua Pengadilan Negeri Tondano Iko Sujadmiko serra tamu dan undangan lainnya.

Sebelumnya Jajaran Kejaksaan Negeri Minahasa dalam memperingati Hari Bhakti Adhyaksa ke 60 sudah melakukan berbagai kegiatan yaitu Bakti sosial pada hari Rabu 15 Juli 2020 yangvdiserahkan langsung kepada Panti Asuhan Hidayatulah Kinilow sebanyak 40 paket, Panti asuhan Yakobus Peduli sebanyak 28 paket, Purnaja Kejari Minahasa sebanyak 13 Paket, THL Kejari Minahasa sebanyak 16 paket, Masyarakat Kelurahan Watulambot sebanyak 50 paket, Masyarakat Kelurahan Wewelen sebanyak 53 paket.

Total bantuan beripa sembako Krjari Minahasa sebanyak 200 paket dimana setiap paket terdiri dari, beras 5 kilo, minyak kelapa 1 liter, mie insran 1 dus, telur 30 butir.

Selanjutnya pada dari Selasa 21Juli Kejari Minahasa bersama seluruh jajaran melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Tondano dengan melakukan tabur bunga yang dipimpin langsung oleh Kepala Kejari Minahasa.

Sebelum acara puncak HBA, digelar Peringatan Hari Ulang Tahun Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) ke XX. Kali ini peringatan IAD, pada Selasa 21/7/2020 yang digelar di Kantor Kejari Minahasa di masa pandemi covid-19 begitu sederhana namun penuh makna. (Christian Tangkere)

 

Categories: Minahasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s