Tomohon

Walikota Eman Buka Kegiatan Konsultasi Publik Terkait Penyempurnaan RKPD Kota Tomohon 2022

SULUTNEWSTV.com, Tomohon – Walikota Tomohon Jimmy F Eman hadir dan membuka kegiatan Konsultasi Publik dalam rangka penyempurnaan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Tomohon bertempat di Anugeea Hall Tomohon, Kamis (4/2/21).

Hadir sebagai narasumber, Sekretaris Bapeda Provinsi Sulut Aldrin Anis SP. MT, dan Akademis Noldy Tuerah, Ph. D., dan diikuti secara daring oleh Wali kota dan Wakil Wali kota terpilih.

Mengawali kegiatan, Wali kota Eman menjelaskan akan maksud diselenggarakannya konsultasi publik ini

” Kegiatan ini merupakan momen yang sangat strategis bagi kita untuk mengkomunikasikan dan mengkoordinasikan rencana pelaksanaan pembangunan yang mampu menjawab isu- isu strategis serta untuk mendapatkan masukan dan saran guna penyempurnaan rancangan awal RKPD Kota Tomohon tahun 2022, dimanarancangan awal RKPD ini akan menjadi pedoman dalam pelaksanaan Musrenbang RKPD tingkat Kecamatan dan sebagai acuan penyempurnaan rancangan awal Rencana Kerja Perangkat Daerah ( RENJA-PD)” terang Walikota.

Lanjutnya, berdasarkan pasal 14 Permendagri no.86 tahun 2017, dimana dalam penyusunan dokumen-dokumen perencanaan baik RPJPD, RPJMD, dan RKPDdilakukan berbasis e – Planing.
Maka, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Dalam Negeri telah menetapkan peraturan dalam negeri nomor 70 tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) yang diharapkan sebagai satu-satunya sistem yang dipakai dalam perencanaan pembangunan dan pengelolaan keuangan daerah, yang merupakan aplikasi berbasis elektronik untuk dapat mengintegrasikan antara proses perencanaan, dengan begitu tujuan untuk meningkatkan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah dan proses perencanaanvdiselenggarakan lebih transparan, terbuka, cepat dan akuntabel.

Dijelaskannya pula, beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam rangka pelaksanaan forum konsultasi publik ini yakni :

  • Mempedomani kebijakan nasional dan provinsi atau pendekatan yang dilakukan secara top down.
  • mendorong potensi daerah sehingga terwujud pengembangan potensi dan ekonomi yang bermuara pada konsistensi dalam perencanaan dan pelksaan, peningkatan kesejahteraan masyarakat serta sinergitas program.

Harapan Walikota, diakhir periode RPJP Kota Tomohon tahun 2005-2025 agar seluruh wilayah Kota Tomohon menjadi lebih baik.

” Saya harapkan agar seluruh wilayah Kota Tomohon dapat berkembang menjadi lebih baik, di akhir periode RPJPD Kota Tomohon tahun 2005-2025″, harap Walikota.

Seperti diketahui bersama, tahapan periode RPJMD dengan terpilihnya kepala daerah yang baru, tentunya telah menetapkan visi misi yang tertuang dalam rancangan awal RPJMD periode 2021-2026.

Dan visi untuk Tomohon maju, berdaya saing dan sejahtera yakni :

  1. Menjaga dan melestarikan Tomohon sebagai kota religius.
  2. Peningkatan kesejahteraan masyarakat diberbagai sektor.
  3. Menjadikan Tomohon sebagai kota wisata dunia.
  4. Mewujudkan sistem pertanian dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan.
  5. Mewujudkan pelayanan pemerintah yang bersih, efektif dan berintegritas,
    Dan berbagai program-program unggulan pembangunan lainnya.

Dengan adanya tema pembangunan daerah yang dirumuskan pada rancangan awal RKPDkota Tomohon tahun 2022 berpedoman pada ranwal RPJMD periode 2021-2026 antara lain : ” Pemulihan ekonomi melalui peningkatan kualitas SDM, daya saing daerah, ketahanan pangan, pariwisata dan lingkungan hidup”.

Mengakhiri sambutannya, Wali kota mengajak bersama-sama memberikan sumbangan pemukiran dan masukan untuk penyempurnaan rancangan awal RKPD.

” Marilah kita secara bersama-sama memberikan sumbangan pemikoiran dalam bentuk masukan dan saran untuk penyempurnakan rancangan awal RKPD ini, sehingga arah pembangunan yang kita sepakati bersama dapat bermanfaat dan senantiasa berpihak pada kepentingan masyarakat Kota Tomohon yang kita cintai”, tutup Walikota.

Turut hadir dalam kegiatan, Para Asisten di jajaran pemerintah Kota Tomohon, Kepala Bapelitbangda Kota Tomohon Drs. Daniel Pontonuwu, Tokoh masyarakat, Tokoh agama dan undangan lainnya. (CT/Novita)

Categories: Tomohon

Tagged as: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s