Minahasa

[VIDEO] Kapolda Sulut dan Bupati Minahasa Tinjau Vaksinasi Massal di Kawangkoan dan Langowan

Minahasa – Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Nana Sudjana meninjau kegiatan Vaksinasi Merdeka di Kecamatan Kawangkoan dan Langowan Utara, Kabupaten Minahasa, Kamis (02/09/2021).

Peninjauan dilakukan bersama Kasrem 131/Santiago Kolonel Arm Franky Watuseke dan beberapa Pejabat Utama Polda Sulut disambut oleh Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring, MSi Kapolres Minahasa AKBP Tommy Bambang Souissa, Dandim 1302/Minahasa Letkol Inf Harbert Sinaga, Ketua Pengadilan Tondano dan Jajaran pejabat Pemkab Minahasa.

Di Kawangkoan, vaksinasi berlangsung di halaman Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) Jemaat Immanuel Kinali. Vaksinasi ini dilaksanakan atas kerjasama Polda Sulut, Pemerintah Kabupaten Minahasa, dan Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Wilayah X Sulut-Gorontalo.

Pada peninjauan di dua lokasi tersebut, Kapolda melihat langsung tahapan-tahapan vaksinasi. Mulai dari pendaftaran, pemeriksaan kesehatan, penyuntikan vaksin, dan observasi. Kemudian juga berdialog dengan para vaksinator dan masyarakat.

Dalam sambutanya, Bupati Minahasa menyampaikan apresiasi kepada Polda Sulut yang memberikan perhatian khusus dalam pelaksanaan vaksinasi di Minahasa ini.

“Terima kasih dan apresiasi tinggi kepada Pak Kapolda Sulut atas kepedulian kepada kami warga Minahasa, sehingga bisa mengikuti vaksinasi di tempat ini,” tuturnya.

Lanjut Bupati, target penyuntikan vaksin di Kinali ini sebanyak 1.200 orang, sedangkan di Langowan 1.000 orang.

“Di Minahasa, vaksinasi tahap pertama sekitar 29 persen, dan tahap kedua sekitar 11 persen dari target. Sementara targetnya adalah 301 ribu orang. Sekali lagi terima kasih Pak Kapolda dan GMKI atas upaya percepatan vaksinasi di Minahasa ini,” pungkas Bupati.

Sementara itu Kapolda juga mengapresiasi tingginya antusiasme dan animo warga Minahasa yang mengikuti vaksinasi ini.

Lanjutnya, TNI, Polri, Pemerintah Daerah, pihak terkait serta elemen masyarakat lainnya terus berupaya menggencarkan vaksinasi massal, seperti yang dilaksanakan saat ini.

“Karena vaksinasi ini bertujuan mempercepat tercapainya herd immunity atau kekebalan kelompok demi menekan laju penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat,” ujar Kapolda.

Pada kesempatan ini, Kapolda pun mengimbau masyarakat yang sudah menjalani vaksinasi agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

Sambungnya, bagi masyarakat yang sudah vaksinasi tahap pertama, wajib menjalani vaksinasi tahap kedua sesuai waktu yang telah ditentukan. Sedangkan bagi masyarakat yang belum divaksin, diimbau segera mengikutinya di gerai-gerai vaksin maupun fasilitas kesehatan terdekat.

“Kemudian meski sudah menjalani vaksinasi tahap pertama maupun kedua, tetap wajib disiplin protokol kesehatan 5M. Yaitu, Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan, dan Mengurangi mobilitas,” tutup Kapolda.

Koordinator GMKI Wilayah X, Grandy Tangkuman mengatakan, GMKI memiliki tiga medan pelayanan gerakan yaitu gereja, masyarakat dan perguruan tinggi.

“Terima kasih dan apresiasi kepada Polda Sulut dan jajaran, TNI, serta Pemkab Minahasa yang mendukung penuh kegiatan ini, sehingga kita bersama-sama bisa melayani masyarakat dalam hal vaksinasi,” katanya.

Selanjutnya, Kapolda dan rombongan meninjau pelaksanaan vaksinasi di wilayah Langowan Utara, yang digelar di halaman GMIM Jemaat Immanuel Toraget. (Christian/Tim SNTV)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s