Minahasa

Sekdes Syamsi : Perangkat Desa Lebih Tenang Karena Telah Terdaftar Sebagai Peserta JKN-KIS

 

Tondano, Jamkesnews – Syamsi Silvia Pesik (33), seorang Sekertaris Desa pada Desa Poopo Selatan, Kecamatan Passi Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow menyatakan sangat Bahagia. Dia merasa bahagia karena perangkat desa di wilayahnya telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS melalui Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow.

Sekretaris Desa yang sering dipanggil Syamsi ini menyampaikan, selama ini dirinya sudah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS dan merasa antusias setelah mendapatkan informasi bahwa seluruh Kepala Desa dan Perangkat Desa akan didaftarkan oleh Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow.

“Selama ini banyak perangkat desa yang mendaftar JKN-KIS sendiri menjadi peserta mandiri kelas III, bahkan ada pula yang belum terdaftar sebagai peserta JKN-KIS. Tapi sekarang perangkat desa bisa lebih tenang karena telah didaftarkan Pemerintah Kabupaten dan sekaligus mendapat hak perawatan kelas II,” ujar Syamsi.

Mengacu kepada Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018, maka Kepala dan perangkat desa merupakan salah satu segmen peserta JKN-KIS yang wajib di daftarkan ke dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) melalui APBDesa.

Syamsi menambahkan, Program JKN-KIS untuk Kepala dan Perangkat Desa beserta keluarga sangat penting karena merupakan penggerak roda pemerintahan yang ada di desa. Di saat yang sama Syamsi juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow atas perhatian kepada aparat desa dengan mendaftarkan seluruh aparat desa kedalam program JKN-KIS.

Diakhir pertemuan, Syamsi menyatakan harapannya, agar Program JKN untuk Kepala Desa dan Perangkat Desa ini akan terus berjalan dan manfaatnya terus dirasakan oleh seluruh Kepala Desa dan Perangkat desa yang ada di di Kabupaten Bolaang Mongondow.

“Kami semua berharap program ini terus berjalan dan tidak hanya kami saja sebagai perangkat desa, namun seluruh masyarakat indonesia ikut merasakan manfaat dari Program JKN-KIS ini,” tutup Syamsi. (Ib/An)

Categories: Minahasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s